Latihan Perut yang Baik

Latihan Perut yang BaikLatihan perut yang baik sangat penting untuk mempertahankan stabilitas dan kekuatan tubuh bagian tengah. Para ahli terapi fisik dan kiropraktor (ahli kiropraktik) menganjurkan agar para pasien yang mempunyai masalah dengan punggung untuk mulai memperbaiki stabilitas dan

kekuatan bagian tengah tubuh mereka. Langkah ini akan mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan kemampuan untuk bergerak.

Para pria dan wanita juga ingin memiliki pinggang yang ramping dan perut six pack. Disamping karena faktor estetika, otot perut yang kuat juga bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Orang yang melatih otot perut memetik keuntungan karena memiliki pinggang yang ramping, punggung yang kuat, organ-organ internal yang terlindungi, dan tidak akan memiliki masalah tentang pakaian yang harus dikenakan.

Untuk mendapatkan perut six pack sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Cara yang benar bukan terletak pada tingkat kesulitan dari latihan yang Anda lakukan, tetapi berapa lama Anda melakukan latihan sampai Anda mencapai apa yang Anda inginkan. Anda juga harus memperhatikan lapisan lemak yang ada di atas otot. Otot memang dapat dibentuk di gym, tetapi pembentukan otot juga tergantung pada apa yang Anda makan. Otot tidak akan menjadi lembek dalam semalam, tetapi juga tidak akan bisa dibentuk seperti yang Anda inginkan dalam satu malam. Anda harus melakukan latihan secara konsisten selama beberapa bulan sebelum Anda mendapatkan bentuk perut yang Anda impikan.

Latihan perut yang baik tidak hanya bermanfaat bagi kelompok otot besar tetapi juga dapat melatih kelompok otot kecil di dalam otot perut agar penampilan otot-otot perut tampak seimbang secara keseluruhan. Sebuah studi dari San Diego State University meneliti beberapa tipe latihan untuk mengetahui jenis latihan mana yang benar-benar dapat berjalan dengan baik. Jika Anda membuat komitmen untuk berlatih secara konsisten selama berbulan-bulan Anda harus menggunakan jenis latihan yang benar-benar dapat berjalan dengan baik.

Penelitian tersebut membandingkan 13 jenis latihan yang berbeda mulai dari jenis latihan tradisional sampai jenis latihan yang lebih rumit yang membutuhkan peralatan fitness. Otot-otot perut diukur menggunakan mesin EMG. Mesin ini akan mengukur rangsangan listrik yang diterima oleh otot ketika otot bergerak. Otot-otot yang diukur adalah otot abdominus rektus, yaitu otot pipih memanjang yang membentang di sepanjang perut, serta otot oblique internal dan eksternal, yaitu otot pipih memanjang yang membentang di sisi samping perut.

Studi ini menemukan bahwa latihan perut terbaik yang merangsang otot-otot rektus dan oblique, adalah bicycle maneuver, captain’s chair, dan sit up di atas bola latihan.

Menariknya penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa peralatan latihan terbaik yang harus dimiliki di rumah adalah bola latihan (exercise ball). Bola yang biasa disebut dengan bola Swiss ini harganya murah dan dapat dibeli di toko peralatan olahraga atau department store.

 

Bicycle maneuver.

Latihan perut ini dilakukan dengan berbaring di atas lantai dengan punggung bawah menempel pada lantai. Anda dapat meletakkan tangan Anda di samping kepala atau di bawah pantat untuk menopang punggung bawah. Angkatlah lutut Anda sekitar 45 derajat dan dengan perlahan-lahan lakukan gerakan seperti sedang mengayuh pedal sepeda. Anda dapat meningkatkan tingkat kesulitan dari latihan ini dengan mengangkat tubuh bagian atas sampai lutut kiri Anda bersentuhan dengan siku kanan, kemudian lakukan hal yang sebaliknya dengan menyentuhkan lutut kanan dengan siku kiri.

Captain’s chair.

Dalam latihan ini Anda harus menggunakan sejenis peralatan yang digunakan untuk menopang lengan ketika kaki menjuntai. Secara perlahan angkatlah lutut ke arah dada. Lakukan gerakannya dengan lambat, tidak tergesa-gesa dan terkendali. Angkat kedua lutut Anda ke arah dada lalu kembalikan lutut pada posisi semula.

Sit up di atas bola latihan.

Duduklah di atas bola latihan dengan kaki rata di lantai. Gulirkan bola ke belakang secara perlahan dan berbaringlah sampai batang tubuh dan paha sejajar dengan lantai. Kemudian naikkan tubuh Anda tidak lebih dari 45 derajat. Untuk melatih otot oblique, Anda dapat membuat bola latihan menjadi kurang stabil dengan merapatkan kedua kaki Anda dan menggerakannya secara bersamaan.

Latihan perut yang baik akan meningkatkan performa dan kekuatan, memperbaiki postur tubuh, mengurangi nyeri punggung, dan membuat organ-organ internal Anda lebih terlindungi. Pilihlah jenis latihan yang dapat berjalan dengan baik sehingga waktu yang Anda habiskan tidak sia-sia.

Olahraga dan kesehatan