Tentang kesehatan

Latihan Abdominal

sit upJika Anda telah kehilangan berat badan, atau baru-baru ini telah menurunkan berat badan beberapa kilogram, mungkin Anda akan mengeluh tentang bagian tengah tubuh Anda. Ini adalah saat ketika kita cenderung ingin mengurangi berat badan terlebih dulu dan bagian inilah yang paling sulit untuk diratakan dan dibentuk, mendekati berat badan yang diinginkan saat kita berdiet.

Jika Anda sedang berjuang terhadap bagian ini, Anda bisa melakukan latihan abdominal untuk

membantu mengecilkan lingkar pinggang Anda. Namun demikian, jangan berpikir kalau ini akan menyelesaikan masalah. Anda tetap harus menghilangkan lemak yang ada diatasnya. Setelah lemak-lemak ini hilang, Anda bisa mempertunjukkan hasil kerja keras Anda berupa otot abdomen atau perut yang keras dan pinggang yang langsing. Terdengar bagus khan?

Beberapa orang percaya bahwa melatih bagian tertentu (spot training) melalui latihan abdominal akan menghilangkan lemak-lemak menyebalkan yang menggantung di sekitar bagian tersebut. Sedihnya, spot training tidak benar-benar menghilangkan lemak tersebut, tetapi dapat membantu Anda membentuk otot di bagian tersebut, dan juga dapat membantu sedikit mengencangkan kulit Anda setelah terjadi penurunan berat badan.

Latihan abdominal akan memberikan banyak kebaikan bagi Anda, namun kerja keras Anda akan tampak terlihat setelah Anda mencapai target berat badan yang Anda inginkan. Latihan ini dilakukan bersama-sama dengan diet sehat yang akan membantu Anda menghilangkan beberapa sentimeter lapisan lemak.

Kalau mau, Anda bisa melakukan sit-up sederhana untuk latihan abdominal. Namun beberapa orang mendapati sit-up terasa sulit untuk bagian belakang tubuh. Jika Anda melakukannya dan tidak ada masalah, maka ini bisa untuk Anda lakukan.

Anda juga bisa melakukan crunch sederhana, yang tidak terasa sulit bagi bagian belakang tubuh dan lebih disarankan oleh para instruktur fitnes dibandingkan melakukan sit-up penuh. Selama Anda merasa otot yang mengencang dan "terbakar" adalah otot yang benar, maka apapun pilihan Anda akan cukup membantu. Pastikan saja Anda melakukannya dengan benar dan perhatikan bila ada sinyal nyeri di bagian tubuh Anda lainnya. Latihan ini juga membantu otot-otot belakang Anda, sehingga merupakan ide bagus untuk kesehatan tubuh dan tulang belakang Anda dalam jangka panjang.

Ada latihan abdominal lainnya berbiaya rendah yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Beberapa orang senang menggunakan sebuah bola kesehatan (medicine ball) untuk memberi dukungan terhadap bagian bawah belakang melalui sit-up atau crunch yang dimodifikasi. Beberapa orang lainnya senang melakukan latihan yang memutar torso/badan. Jangan melakukannya bila bagian belakang tidak dalam kondisi baik.

Latihan ini tidak saja membantu latihan abdominal Anda, namun sekaligus juga bekerja pada otot-samping dan belakang secara bersamaan. Otot-otot inti yang menahan tubuh Anda tetap tegak dan membantu dalam melakukan kegiatan sehari-hari akan juga dilatih oleh gerakan ini, jadi pastikan Anda sering melakukan latihan tersebut dan Anda akan merasa lebih langsing dan lebih baik dalam waktu singkat.

Sit-up dan crunch tidaklah untuk setiap orang. Bila Anda termasuk orang yang tidak bisa melakukannya, carilah bantuan latihan abdominal lainnya. Ada beberapa alat olahraga rumahan yang tidak mahal dan dapat Anda pergunakan. Anda bisa mencarinya dan cobalah melihat mana yang ingin Anda pergunakan setiap hari untuk membentuk tubuh Anda. Anda juga bisa melakukan cara yang bagus untuk latihan abdominal dengan berlatih di tempat fitnes di dekat rumah Anda. Terkadang, latihan terhadap seluruh bagian tubuh adalah jawabannya, bahkan saat Anda hanya berpikir kalau bagian abdomen atau perut adalah masalah terbesar Anda.

Olahraga dan kesehatan