Fitnes Aerobik yang Sesuai Dengan Jadwal dan Tubuh Anda

Fitnes Aerobik yang Sesuai Dengan Jadwal dan Tubuh AndaMeskipun Anda sudah berolahraga, Anda mungkin tidak melakukan latihan rutin dengan tepat yang akan melindungi tubuh Anda dari penyakit. Latihan fitnes aerobik membantu organ-organ penting dari tubuh dan mencegah beberapa penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan diabetes, dan oleh karena itu Anda perlu menyertakan latihan tersebut dalam jadwal kegiatan Anda. Pada intinya, latihan ini meningkatkan jumlah oksigen dalam paru-paru karena latihan yang dilakukan sangat keras dan

memerlukan energi yang cukup agar dapat bertahan sampai kegiatan yang dilakukan berakhir. Latihan ini melibatkan sejumlah kegiatan seperti memanjat, berjalan, berlari, mengangkat beban dan bahkan berenang. Paru-paru harus menangani peningkatan jumlah oksigen yang dibutuhkan sehingga membuat paru-paru aktif dan kuat. Energi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini berasal dari pembakaran lemak di dalam tubuh, sehingga tubuh Anda akan ramping karena terlepas dari timbunan lemak.

Namun, tidak mudah untuk memulai latihan ini terutama bagi mereka yang lama tidak berolahraga. Para ahli menyarankan agar memulai latihan ini dalam waktu yang singkat, dan kemudian ditingkatkan dari hari ke hari, ketika tubuh sudah mulai beradaptasi. Misalnya, Anda dapat memulainya dalam waktu 25 menit ketika tubuh sedang menyesuaikan diri, kemudian ditambah menjadi 35 menit dan akhirnya menjadi sekitar 45 atau 50 menit. Selain itu, Anda dapat menggabungkan dengan aktivitas lain agar hasil yang Anda inginkan cepat terlihat.

Salah satu latihan fitness aerobik yang mudah dilakukan adalah treadmill (alat yang landasannya dapat berjalan dengan kecepatan yang bisa diatur yang digunakan untuk joging atau berjalan di tempat). Alat ini tidak terlalu memakan tempat di rumah dan dapat digunakan setiap saat. Selain itu, mengoperasikan dan memelihara alat ini mudah dilakukan. Ini sangat ideal untuk melatih sistem kardiovaskular (jantung) dan untuk menurunkan berat badan. Saat mulai menggunakan alat ini, sebaiknya Anda mengaturnya dalam kecepatan sedang sehingga nyaman dilakukan, misalnya 6,5 km per jam. Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi ketegangan otot dan agar tubuh lebih siap untuk beraktivitas di atas treadmill. Variasikan langkah Anda saat Anda berlari di atasnya, dimulai dengan langkah-langkah kecil, kemudian dilanjutkan dengan langkah yang lebih panjang di tengah-tengah latihan. Mulailah dengan kecepatan lambat, kemudian secara bertahap ditambah dan saat Anda sudah dekat dengan akhir sesi latihan, Anda kembali dalam kecepatan yang lambat lagi.

Berjalan adalah kegiatan lain yang dapat memberikan hasil yang diinginkan. Kita dapat melakukan olahraga berjalan dengan treadmill tetapi berjalan di luar rumah lebih memuaskan. Udara segar akan mengisi paru-paru dalam jumlah yang cukup untuk membantu pembakaran kalori. Selain itu, berjalan di atas tanah atau jalan dengan ketinggian yang berbeda-beda dapat melatih daya tahan tubuh lebih banyak. Latihan ini dapat dimulai dengan beberapa kilometer di pagi hari dan ditingkatkan saat melakukannya di sore hari. Seperti pada semua jenis olahraga, Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Mulailah dalam durasi waktu yang singkat, lalu ditingkatkan secara bertahap sampai menjadi sekitar 45 menit setiap sesi latihan.

Latihan fitnes aerobik lainnya bisa berupa menari, berenang, bersepeda dan atletik. Pada intinya, pikirkanlah tentang latihan yang menyenangkan buat Anda, dan Anda akan dapat melakukan latihan rutin yang sesuai dengan jadwal kegiatan dan tubuh Anda.

 

Olahraga dan kesehatan