Mencegah Penyakit Akibat Kekurangan Esterogen

Mencegah Penyakit Akibat Kekurangan Esterogenekurangan esterogen yang menyerang kebanyakan wanita biasanya sulit untuk ditangani. Jumlah wanita penderita kekurangan esterogen di Amerika Serikat yang berhasil ditangani secara efektif hanya berkisar 20% saja. Statistik ini mengindikasikan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus ditemukan solusinya. Sebagai tambahan, seiring dengan pertumbuhan populasi manusia, wanita yang mengalami kekurangan esterogen pun akan

bertambah juga. Hal ini meningkatkan kemungkinan banyaknya wanita yang tidak memiliki peluang untuk disembuhkan.

Penanganan yang tepat bagi penderita kekurangan esterogen harus dilakukan mengingat kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan permanen terhadap mereka. Efek samping yang umum terjadi akibat kekurangan esterogen yaitu osteoporosis dan penyakit kardiovaskuler.

Osteoporosis

Ini merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita dewasa. Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh, tipis dan mudah patah. Banyak penelitian telah menunjukan bahwa salah satu penyebab utama osteoporosis adalah karena kekurangan esterogen. Setiap tahun, terdapat sekitar 500.000 wanita di Amerika Serikat menderita osteoporosis akibat dari kekurangan esterogen tersebut.

Hanya sedikit orang yang dapat bertahan terhadap penyakit ini sebab biaya pengobatannya yang mencapai 10 Miliar dolar per tahun. Karena itulah para dokter selalu berkata bahwa cara terbaik dalam kaitan dengan osteoporosis adalah dengan menghindarinya.

Bagaimana melakukannya? Jawabannya adalah dengan menambahkan esterogen pada wanita yang memiliki masalah dengan ini. Esterogen memiliki kemampuan untuk menyimpan lebih banyak jaringan tulang daripada yang bisa dilakukan oleh kalsium.

Penyakit Kardiovaskuler

Ini merupakan penyakit mematikan nomor satu pada kebanyakan wanita di Amerika Serikat. Penyakit ini juga bertanggungjawab terhadap kematian sebagian besar wanita berumur 50 tahun ke atas. Apa penyebabnya? Seperti yang Anda tebak, kekurangan esterogen.

Untuk alasan yang tidak diketahui, esterogen menolong wanita melawan penyakit kardiovaskuler sejak mereka kecil hingga usia separuh baya. Oleh karena itu, ketika terjadi kekurangan esterogen di dalam tubuh wanita, mereka akan rentan terhadap penyakit kardiovaskuler.

Untuk mencegah hal ini, terapi penggantian hormon harus dilakukan. Namun terapi ini hanya cocok bagi wanita yang telah mengalami kekurangan esterogen saja dan ingin mencegah kemungkinan terserang penyakit kardiovaskuler.

Kedua penyakit di atas memerlukan penanganan sesegera mungkin. Walaupun penyakit pertama (osteoporosis) tidaklah mematikan, itu dapat membuat hidup Anda lebih sulit ke depannya. Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit menyeramkan yang dapat membunuh pasien ketika tidak ada perawatan intensif dilakukan.

Kesimpulannya, untuk menghindari penyakit-penyakit di atas, sangat penting bagi para wanita yang menderita kekurangan esterogen untuk mendapatkan perawatan dan perhatian yang besar. Jangan biarkan mereka telanjur menderita penyakit-penyakit tersebut baru kemudian dirawat.

Ingat, sedikit pencegahan selalu lebih baik daripada banyak pengobatan. Artinya, setiap jenis penyakit dapat dihindari jika kita memberi perhatian dan menanganinya dengan segera.

Olahraga dan kesehatan