Mencegah Peningkatan Gejala Kulit Terbakar Pada Eksema

Eksim adalah salah satu penyakit manusia yang belum bisa diselesaikan sepenuhnya oleh ilmu pengetahuan modern. Sebenarnya belum ada penyembuhan yang tepat untuk penyakit ini. Untungnya, para pakar kesehatan telah menemukan cara untuk mengontrol penyakit tersebut, termasuk cara – cara untuk mencegah periode kemunculannya.

Pedoman di bawah ini telah disarankan oleh dokter kulit (dermatologis) untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat gatal – gatal dan ruam. Selain dari melakukan perubahan gaya hidup, para penderita eksim bisa mencoba mengurangi frekuensi dan dampak dari kemunculan penyakit dengan mengikuti pedoman berikut.

 

Melembabkan

Menggunakan pelembab ketika dibutuhkan merupakan salah satu cara untuk melawan kekeringan dan perasaan gatal pada kulit yang disebabkan oleh eksim. Pelembab ini mempertahankan kelembapan alami kulit, kemudian mencegah kekeringan dan retak – retak.

Langsung gunakan pelembab setelah mandi. Ketika mandi, coba untuk tidak membuat iritasi bagian kulit yang menderita eksema.

 

Hindari iritasi kulit

Setiap penderita eksim memiliki berbagai macam iritasi luar. Terdapat sebagian besar benda sehari - hari yang dapat menyebabkan kulit iritasi. Deterjen pakaian, sabun, parfum, pembersih, wol, bulu binatang, produk – produk berminyak, kontak dengan air cukup lama, cat, dan lain-lain.

Anda harus mengetahui apa saja yang membuat kulit Anda teriritasi dan batasi kontak dengannya.

 

Berkeringat dan Terlalu Kepanasan

Berkeringat dan terlalu kepanasan merupakan 2 hal paling utama yang memicu gores/lingkaran di sekitar daerah yang gatal pada kulit. Hal ini bisa  diatasi jika Anda berpakaian dengan pakaian berbahan katun yang longgar. Wol dan bahan serat sintetis lainnya bisa menaikkan panas Anda dan bahan – bahan tersebut juga bisa terasa kasar ketika disentuh.

Kenaikan suhu tiba – tiba dapat membuat Anda berkeringat dan penurunan kelembapan tiba – tiba dapat mengeringkaan kulit Anda. Kedua kondisi tersebut dapat memicu kemunculan gejala kulit terbakar pada penyakit.

 

Pakaian

Akan membantu jika Anda sepenuhnya mencuci pakaian Anda sebelum memakainya. Dalam mencuci, lakukan 2 kali pembilasan pada semua cucian Anda, yang lama maupun baru.  Menyisakan deterjen di pakaian (dan pewarna kain pada pakaian baru) dapat memicu alergi.

Hanya gunakan deterjen tanpa pewangi dan pH netral. Beberapa pelembut kain bisa jadi kasar pada kulit manusia.

Cabut label yang terdapat pada baju baru. Hal itu dapat menggesek dan mengiritasi kulit.

 

Kompres dingin

Ketika bagian kulit yang diderita mulai kambuh dan terasa gatal, sebuah kompres dingin dapat membantu mengekang keinginan untuk menggaruk. Menggaruk dapat menyebabkan kondisi lebih buruk pada saat kulit tertusuk atau terkelupas yang memungkinkan masuknya bakteri dan kuman.

Menjaga kuku tetap pendek dapat juga membantu. Untuk mencegah menggaruk diri Anda sendiri secara kebetulan atau tidak sadar ketika tertidur, memiliki kuku yang pendek adalah suatu keharusan. Mengenakan sarung tangan berbahan katun juga bisa membantu.

 

Stres

Dalam dunia yang serba cepat ini, mencegah stres tidak hanya baik untuk mencegah eksim, hal ini juga bisa melakukan sesuatu yang mengagumkan bagi seluruh sistem tubuh Anda.

Terdapat paparan luas dari literatur di luar sana untuk mengurangi, untuk menghilangkan stres dari gaya hidup anda meskipun mungkin tidak secara keseluruhan.

 

Pemicu dari lingkungan (untuk Atopic dermatitis)

Untuk penderita Atopic Dermatitis, batasi keterbukaan Anda dengan pemicu eksim dari lingkungan. Hal ini termasuk serbuk sari, tungau, jamur, bulu binatang dan lain sebagainya.

Atopic Dermatitis (atau Eksim Atopik) terjadi pada orang –orang yang memiliki kecenderungan alergi seperti alergi pada serbuk sari atau debu, makanan, atau bahkan asma. Jika memungkinkan, temukan hal – hal yang membuat Anda alergi dan hindari mereka.

Menderita eksim mungkin saja berat bagi Anda, tapi mengontrol penyakitnya merupakan satu – satu  nya cara bagi Anda untuk melawannya saat ini. Mengikuti pedoman ini akan sangat membantu mengurangi penderitaan Anda.