Tentang kesehatan

Kunci Dalam Pengobatan Eksim Adalah Pencegahan

joomplu:230Eksim tampak seperti sebuah kata yang terdengar asing tetapi sebenarnya ditandai oleh satu hal sederhana: kekeringan. Eksim adalah masalah kulit yang ditandai oleh terbentuknya sisik di kulit, kekeringan, ruam dan kulit yang melepuh. Orang yang terkena eksim yang parah bahkan dapat mengalami kemerahan dan bengkak yang ekstrim pada area yang terkena penyakit tersebut.

Meskipun beberapa jenis eksim seperti kortikosteroid memerlukan obat,

beberapa jenis lainnya seperti dermatitis seboroik tidak berbahaya dan tidak benar-benar membutuhkan obat-obatan. Biasanya, jenis eksim seperti ini menampakkan gejala kekeringan pada kulit kepala, daerah alis dan bahkan pada wajah. Semua itu tergantung pada seberapa parah serangan eksim tersebut.

Ingatlah bahwa eksim dapat menular dan menginfeksi orang lain dengan mudah. Oleh karena itu, mereka yang terkena eksim biasanya minum obat-obatan untuk menyembuhkannya dan untuk mencegah tersebarnya infeksi, meskipun hal itu tidak diresepkan oleh dokter.

Tetapi hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kenyataannya, orang tidak dapat minum obat tanpa resep dari dokter. Bahkan Anda tidak akan boleh membeli obat jika tidak memiliki resep. Hal ini terutama terjadi pada beberapa jenis eksim yang harus diobati dengan kortikosteroid. Obat ini dapat memiliki efek samping yang serius, salah satunya adalah penipisan kulit. Dan obat ini bahkan tidak akan menyembuhkan masalah kulit, tetapi hanya membantu mengontrol penyakitnya atau setidaknya mengobati efek luarnya.

Dengan demikian, kebanyakan para ahli kesehatan percaya bahwa ketika masalah ini menerpa Anda, tindakan terbaik adalah pencegahan. Beberapa ahli juga beralih ke cara alami untuk mengontrol masalah ini tanpa menggunakan obat. Karena eksim biasanya disebabkan oleh salah satu dari reaksi alergi atau iritan, menghindari terjadinya masalah ini sebenarnya cukup mudah. Langkah awal untuk mencegah masalah ini adalah dengan mengenali apa saja yang bisa menimbulkan alergi pada diri Anda.

Namun iritan lebih sulit untuk dikontrol karena dapat berupa apapun yang anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, iritan adalah zat kimia yang bereaksi kuat pada kulit seperti sabun dan deterjen, cat, atau shampo. Jika Anda melihat terjadinya ruam pada kulit saat Anda menggunakan item tertentu, segera singkirkan barang-barang tersebut. Jangan biarkan iritasi tersebut berubah menjadi eksim.

Teknik lain untuk memerangi eksim adalah menggunakan pelembab. Eksim mengakibatkan terjadinya kulit kering dan salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan pelembab. Tapi berhati-hatilah menggunakannya, meski pelembab dapat mengurangi kekeringan kulit, tidak berarti bahwa bahwa pelembab dapat menghentikan eksim. Ingat bahwa pelembab juga merupakan bahan kimia yang Anda oleskan pada kulit. Jika bahan kimia ini terlalu keras pada kulit, Anda malah akan terkena ruam.

Sebenarnya, sampai sekarang tidak ada produk perawatan kulit standar untuk orang yang terkena eksim. Orang yang terkena eksim memang sangat sensitif sehingga mereka tidak bisa menggunakan beberapa produk, meski itu jenis obat hipoalergenik.

 

Olahraga dan kesehatan