Tentang kesehatan

Fakta-fakta Dasar Mengenai Eksim

Fakta-fakta Dasar Mengenai EksimKebanyakan orang tua mengalami kesulitan menghadapi masalah dan penyakit yang dialami oleh anak-anak mereka dan jauh lebih sulit lagi menangani kondisi-kondisi yang tidak dapat disembuhkan seperti eksim. Satu-satunya hal terbaik yang dapat orang tua lakukan adalah membantu anak-anaknya mencari cara untuk mencegah kambuhnya kondisi eksim mereka. Eksim merupakan masalah kulit yang sering kambuh dan biasanya pertama kali muncul pada saat anak masih bayi atau balita. Biasanya eksim akan hilang dengan sendirinya seiring sang anak beranjak dewasa, akan tetapi ada mereka yang kurang beruntung dan harus hidup dengan kondisi ini seumur hidupnya. Sangatlah jarang ditemukan gejala eksim yang pertama kali muncul ketika seseorang sudah dewasa. Eksim tidak hanya disebabkan oleh penyebab-penyebab fisikal atau emosional, eksim juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan.

Eksim biasanya ditandai dengan rasa gatal yang ketika digaruk, akan berubah menjadi radang yang kemerahan. Solusi dari permasalahan ini adalah penderita harus dicegah untuk menggaruk area yang teinfeksi secara langsung. Gejala-gejala eksim yang parah biasanya terjadi bila eksim yang diderita dimulai dari saat penderita masih bayi. Anak-anak dengan masalah eksim seperti ini memiliki kemungkinan terkena penyakit penyakit alergi seperti asma atau alergi terhadap bunga.

Mendiagnosa Eksim

Hasil tes dari laboratorium tidak dapat mendiagnosa masalah kulit ini. Agar diagnosa dapat dilakukan, ketiga faktor ini harus ada. Yang pertama, penderita haruslah seseorang yang atopic. Atopic diartikan sebagai penyakit-penyakit yang condong menyebabkan alergi lainnya. Lalu, penderita juga mungkin berasal dari keluarga yang memiliki riwayat alergi yang sejenis. Sang pasien juga harus menderita pruritis (istilah medis untuk gatal-gatal). Pruritis adalah satu-satunya penyebab radang pada kasus eksim. Oleh karena itu, apabila seseorang tidak menderita pruritis, maka kemungkinan besar orang tersebut tidak menderita eksim. Radang pada penderita eksim biasanya terlihat kemerahan, membengkak dan terlihat serta terasa bersisik.

Bayi penderita eksim biasanya memiliki masalah di berbagai bagian tubuh, termasuk pipi, kulit kepala bagian belakang, dada, kaki dan tangan. Bagian yang tertutup oleh popok biasanya lebih aman karena bayi tidak akan dapat menggaruk bagian tersebut. Untuk penderita dewasa dan anak-anak, masalah biasanya terdapat di bagian belakang lutut or di bagian depan siku. Untuk mengurangi kambuhnya rasa gatal, pertama penyebab rasa gatal tersebut harus ditemukan terlebih dahulu. Penyebab kambuhnya rasa gatal mungkin adalah infeksi, alergi, iritasi atau stres. Penderita eksim atau orang yang memiliki kemungkinan mengidap eksim disarankan untuk tidak menggunakan bahan kimia keras atau sabun yang kuat di kulit mereka, atau memakai pakaian yang berbahan wol atau poliester. Penderita juga disarankan untuk menjauhi situasi yang dapat membuat tubuh kepanasan dan berkeringat.

Penderita eksim juga rawan terjangkit infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Untuk menangani eksim, terutama bila anak-anak anda menderita penyakit ini, anda disarankan untuk segera membawa penderita kepada ahlinya. Hanya dokter yang dapat merekomendasikan solusi terbaik untuk mengatasi pruritis berdasarkan tingkat keparahannya.

Olahraga dan kesehatan