Tentang kesehatan

Eksim - Pencegahan adalah Pengobatan Terbaik

Eksim - Pencegahan adalah Pengobatan TerbaikDapatkah eksim dicegah?
Jika tidak, apa saja cara untuk mencegah gejala-gejalanya?

Eksim, seperti yang kita tahu, adalah istilah umum untuk berbagai jenis peradangan kulit yang juga dikenal sebagai dermatitis. Bentuk eksim yang paling umum adalah dermatitis atopik yang kadang-kadang disebut eksim atopik.


Dengan sejarahnya yang panjang, dokter belum menemukan obat yang spesifik untuk mengobati penyakit ini. Apa yang tersedia saat ini adalah berbagai terapi yang dirancang untuk mengontrol penyakitnya dan mengelola gejala-gejalanya (gatal-gatal, ruam kulit, luka, luka terbuka yang menyakitkan) yang diderita oleh pasien.

Faktor genetika

Dari temuan mereka, dokter juga percaya bahwa eksim adalah cacat genetik yang mengakibatkan kelainan dari fungsi kulit sebagai penghalang. Pada dermatitis atopik, istilah "atopik" umumnya digunakan untuk merujuk kepada penyakit yang memiliki kecenderungan untuk memicu kondisi alergi (asma dan demam).

Berdasarkan pengalaman, eksim cenderung mempengaruhi bayi dan anak kecil. Beberapa orang juga bisa membawa penyakit tersebut yang gejalanya akan terus berulang saat mereka dewasa.

Faktor pemicu

Ada banyak hal yang dapat memicu kambuhnya gejala-gejala dari penyakit ini. Diantaranya adalah iritasi lingkungan, alergen (penyebab alergi), dan zat atau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun, parfum dan lain-lainnya.

Beberapa faktor pemicu kadang-kadang sulit dikenali seperti perubahan suhu yang tiba-tiba, berkeringat, alergi makanan, dan tekanan gaya hidup secara umum.

Tindakan Pencegahan

Meskipun tidak ada obat untuk eksim, ada banyak cara untuk mengelak dan menghindari faktor-faktor pemicunya. Kadang-kadang, metode tersebut juga untuk mengurangi tingkat keparahan dari gejala ini. Pencegahan memang lebih ditujukan untuk menghalangi gejala penyakitnya.

Menghilangkan penyebab dari reaksi alergi (atau pemicu reaksi) adalah tindakan preventif yang paling mudah dan efektif, misalnya mengganti merek deterjen yang bisa menimbulkan alergi dengan merek lain yang aman bagi Anda.

Kadang-kadang tindakan pencegahan bisa sulit dilakukan seperti berganti pekerjaan (sebuah tipe penyakit eksim yang dinamakan eksim pekerjaan) atau pindah ke tempat baru untuk menemukan iklim yang tepat bagi tubuh Anda.

Beberapa metode preventif

Hindari kulit menjadi kering dengan mandi air hangat (jangan menggunakan air yang terlalu panas). Gunakan sabun yang lembut dan body cleanser. Setelah mengeringkan tubuh dengan hati-hati, lumuri seluruh tubuh Anda dengan lotion pelembab kulit. Hindari lotion yang mengandung pengharum atau bahan lain yang bisa menimbulkan iritasi.

Sebaiknya jangan mengenakan pakaian ketat, kasar, atau gatal. Bagi kebanyakan orang, pakaian yang berbahan kapas lebih sedikit menimbulkan iritasi dibandingkan dengan serat sintetis atau wol.

Aktivitas yang berat

Hindari aktivitas yang terlalu berat yang dapat membuat Anda kepanasan dan berkeringat sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan suhu dan kelembaban mendadak, karena tubuh yang berkeringat bisa mengiritasi ruam .

Jika Anda tidak terkena gejala eksim, jagalah kebersihan kulit dengan baik. Pakailah sarung tangan pelindung bila Anda melakukan kegiatan yang membuat tangan Anda terendam air dalam waktu yang lama.

Menggaruk

Hindari menggaruk ruam, atau tutuplah area ruam dengan perban atau pembalut. Jika alergen (sesuatu yang menyebabkan reaksi alergi) tidak dapat dihilangkan (atau lebih buruk lagi, tidak dikenali), cobalah untuk meminimalkan respon terhadap alergi.

Oleskan krim steroid non-resep bersama-sama dengan lotion anti-gatal. Oleskan krim sesering mungkin sampai ruam menghilang. Anda juga dapat menggunakan kompres dingin untuk mengurangi gatal.

Eksim sebagai suatu penyakit mungkin tidak dapat dicegah, tapi yang dapat dicegah adalah gejala yang menyerang korbannya. Anda akan mendapat manfaat dengan mengetahui semua informasi tersebut.

 

Olahraga dan kesehatan