Tiga Langkah Penting Mengenai Diet untuk Menurunkan Bobot Tubuh

Tiga Langkah Penting Mengenai Diet untuk Menurunkan Bobot Tubuhenurunkan berat badan sebenarnya sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengawasi berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda dan memastikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda lebih sedikit dari

kalori yang Anda bakar. Agar bisa sukses dalam diet  Anda perlu mengetahui tiga hal.

Yang pertama, berapa banyak kalori yang tubuh Anda bakar setiap hari (tanpa melakukan aktivitas berat seperti olahraga)?

Kedua, berapa banyak kalori yang terdapat pada makanan yang biasa Anda makan?

Yang ketiga, makanan mana yang Anda akan makan selama diet Anda (pilihan harus didasarkan dari jumlah kandungan kalori pada makanan tersebut)?

Salah satu cara yang mudah untuk memperkirakan jumlah kalori yang tubuh Anda bakar setiap hari adalah dengan mengalikan berat badan Anda dengan 20. Angka ini disebut Body Metabolic Rate (BMR) atau taraf metabolisme tubuh. Sebagai contoh, apabila berat badan anda sekitar 105 kilogram, maka kalori yang dibutuhkan tubuh anda adalah 2100 kalori setiap hari dan Anda berbobot 45 kilogram, maka tubuh anda butuh 950 kalori setiap hari.

Apabila Anda menginginkan perhitungan yang lebih akurat, terdapat banyak penghitung BMR yang bisa diakses secara gratis di internet. Tapi apabila Anda tidak berhasil menemukan penghitungan BMR ini, sistem penghitung yang kami sediakan sebenarnya sudah cukup akurat. Angka ini memberitahu Anda batas maksimal kalori yang bisa Anda konsumsi tanpa menambah berat badan.

Diet untuk menurunkan berat badan tidak memiliki pantangan untuk makanan apapun. Anda boleh memakan makanan apapun tapi Anda harus memperhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Caranya adalah dengan mencari tahu jumlah kalori yang terkandung di setiap makanan Anda. Jumlah asupan kalori Anda tidak boleh melebihi angka BMR Anda . Sebagai contoh, apabila angka BMR Anda adalah 1400 kalori, Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1400 kalori per hari.

Setelah Anda mengetahui angka BMR dan jumlah kalori di tiap makanan Anda, langkah selanjutnya adalah merencanakan menu makanan agar tidak melebihi angka BMR. Anda masih boleh menikmati makanan kegemaran Anda selama jumlah asupan kalori Anda masih di bawah BMR Anda.

Jenis makanan yang Anda konsumsi bukanlah masalah, yang penting adalah jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

Berikut adalah ringkasan dari 3 langkah penting di atas:

1. Cari tahu jumlah kalori yang tubuh Anda bakar setiap hari (tanpa melakukan aktivitas berat seperti olahraga)

2. Cari tahu jumlah kalori yang terdapat pada setiap makanan Anda

3. Rencanakan menu makanan Anda mengikuti langkah nomor 1 dan 2

Apabila Anda mengikuti langkah ini, diet anda akan menjadi sangat mudah.

Olahraga dan kesehatan