Empat Makanan Rendah Kolesterol untuk Hidup Sehat

Sayur dn buahKetika kita membahas mengenai diet dan menurunkan berat badan, secara tidak langsung kita membicarakan tentang cara mengurangi akumulasi lemak yang terdapat pada tubuh kita. Ahli gizi menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan rendah kolesterol karena hati kita sebenarnya memroduksi kolesterol dalam jumlah yang cukup untuk membantu proses pencernaan lemak.

 

Apabila Anda tidak mengurangi asupan kolesterol, kolesterol tersebut akan

diam dalam aliran darah Anda dan hal ini dapat menyebabkan penyakit atau serangan jantung. Apabila Anda berencana untuk mengurangi asupan lemak berkolesterol ini, yang Anda perlu lakukan adalah mengganti produk-produk hewani pada diet Anda karena produk inilah yang memiliki rata-rata kandungan lemak tertinggi.

Salah satu pilihan makanan yang bisa Anda coba adalah sayuran dan buah-buahan. Ketika Anda makan, usahakan agar sebagian besar dari makanan yang ada pada piring Anda berupa sayuran. Sayuran dan buah mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kanker serta meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan, secara tidak langsung Anda juga meningkatkan asupan serat yang berarti Anda terhindar dari masalah pencernaan seperti konstipasi dan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Banyaknya jenis sayur dan buah-buahan juga berarti anda memiliki banyak pilihan serta variasi sehingga anda tidak akan merasa bosan atau jenuh. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran adalah vitamin A, E dan C, asam folat, potasium serta serat. Vitamin A melindungi mata dari berbagai penyakit dan juga menghaluskan kulit sedangkan vitamin C membantu tubuh Anda dalam proses penutupan luka luar serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Diet rendah kolesterol Anda harus juga disertai oleh biji-bijian. Biji-bijian tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga mampu bekerja sebagai sumber energi untuk tubuh anda. Contoh makanan yang bisa anda pilih adalah nasi merah, roti whole grain dan sereal whole grain. Jenis makanan ini juga terbukti efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Meskipun kebanyakan produk hewani mengandung banyak lemak, terdapat beberapa produk yang nyatanya mengandung sangat sedikit kolesterol seperti ikan, ayam serta daging merah (tentunya Anda harus pandai memilih bagian yang tidak berlemak seperti punggung misalnya). Jenis makanan ini menyediakan banyak vitamin, protein serta mineral untuk tubuh. Ikan sangatlah kaya dengan protein dan kadar lemaknya amat sangat rendah. Ikan juga mengandung asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam mengandung banyak protein yang membantu mencegah tulang keropos. Daging ayam juga mengandung niasin atau vitamin B- yang sangat berguna dalam mencegah kanker.

Tubuh Anda juga sangat membutuhkan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong dan kapri. Kacang-kacangan kaya akan protein, vitamin, kalsium serta mineral. Zat-zat yang terkandung ini sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung, obesitas, kanker dan rasa lapar berlebih. Rasa lapar berlebih ini biasa dialami ketika seseorang mengurangi asupan karbohidrat ketika sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Dengan memakan kacang-kacangan, tubuh Anda memperoleh cukup energi dan rasa lapar ini (disebabkan oleh banyaknya insulin dalam tubuh) dapat dihindari sehingga diet akan terasa lebih mudah.

Hal yang paling mendasar yang perlu diingat ketika seseorang menjalani diet rendah kolesterol adalah pola makan yang seimbang yang rendah lemak sangatlah penting untuk dipertahankan.

Olahraga dan kesehatan