3 Saran untuk Mengatasi Kecanduan Makan

3 Saran untuk Mengatasi Kecanduan Makanda begitu banyak alasan mengapa suatu obsesi untuk terus makan akan memberi lebih banyak keburukan daripada manfaatnya. Dari berbagai keburukannya, beberapa seperti membuat badan Anda lebih mudah sakit, finansial Anda yang terkuras, dan ketidaknyaman akibat bertambahnya berat badan, yang semua itu dapat membuat seseorang sadar akan besarnya efek dari

tindakannya. Sebaliknya, tidak ada salahnya makan bila memang dibutuhkan, tetapi kebutuhannya ini pada akhirnya dapat mengakibatkan makan berlebihan dan munculnya timbunan lemak. Beberapa orang terlambat menyadarinya dan kemudian mereka mulai mengatasi kondisi mereka yang obesitas, atau yang lebih buruk, penyakit jantung. Akan lebih baik bila kita mencegah keadaan seperti itu dengan cara memeriksa bagaimana kebiasaan makan kita.

Berapa sering Anda makan ? Apakah Anda makan saat Anda bosan atau tidak adanya aktivitas baik lain yang dapat dilakukan ? Apakah Anda lebih senang menghabiskan waktu membuat sup dan burger di dapur dibandingkan terlibat dalam olahraga atau aktivitas interaktif lainnya? Yah, jelas terlihat Anda kecanduan makan. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah menerima keadaan sulit tersebut. Ini adalah langkah awal dalam mencoba mengendalikan obsesi Anda terhadap makanan. Terkadang, Anda akan mendengar suara-suara yang terus membisikkan kalau Anda lapar dan bukannya obsesi Anda yang membuat Anda makan berlebihan. Suara-suara ini menyesatkan Anda dan saat Anda bisa menyingkirkan suara-suara ini, Anda telah siap untuk mendapatkan pertolongan.

Terlepas dari berapa banyak strategi yang Anda gunakan, semua itu akan sia-sia bila tidak memiliki pola berpikir yang benar. Bila Anda dapat menyelesaikan masalah ini, Anda perlu merubah pikiran Anda agar nantinya pikiran tersebut dapat memberikan pesan positif untuk menghentikan kecanduan Anda terhadap makanan.

Langkah berikutnya adalah membuat suatu daftar makanan yang Anda konsumsi. Ini akan membantu untuk mencari tahu kecukupan nutrisi yang ada di dalam makanan. Anda mungkin juga akan mengetahui kalau Anda memompa kalori kedalam tubuh dan mengabaikan kebutuhan akan protein dan energi. Dengan daftar tersebut, Anda perlu mencoret semua makanan yang tidak memberi nutrisi ke dalam tubuh. Jangan menganggap ini sebagai rencana untuk mencegah Anda mengkonsumsi makanan favorit Anda. Namun, anggaplah ini sebagai suatu cara untuk mensubstitusi beberapa makanan dengan makanan lain yang lebih bermanfaat bagi tubuh Anda. Proses ini akan lebih mudah dan sederhana bila Anda telah mengubah pola berpikir kalau Anda tidak lagi kecanduan terhadap makanan.

Bila Anda masih bermasalah dengan langkah ini, Anda dapat mencari jasa seorang ahli nutrisi yang akan membantu Anda menghilangkan obsesi terhadap makanan dengan cara yang sehat. Ahli nutrisi ini juga dapat membantu Anda memulai rutinitas latihan fisik yang akan membantu Anda menghindari keinginan untuk makan. Rutinitas latihan tersebut tidak perlu harus melibatkan aktivitas lapangan karena permainan seperti sudoku atau scrabble akan melibatkan pikiran dan permainan ini juga baik dalam membuat seseorang untuk sibuk.

Terakhir, jika Anda kecanduan makanan, Anda dapat mengendalikan kebiasaan ini dengan cara belajar bagaimana memasak makanan yang lebih baik. Dalam kebanyakan kasus, ketika seseorang ingin makan berlebihan, cara termudah adalah mengonsumsi junk food atau snack. Ini menjadi pemuas sesaat. Untuk mengatasinya, ia dapat belajar bagaimana membuat makanan yang sehat agar dapat menghindari makan makanan yang tidak bernutrisi. Ini akan menahannya karena ia menyadari kalau proses yang terlibat dalam membuat makanan di rumah akan memastikan ia tetap sehat dan ia akan memperoleh dorongan untuk mencobanya sebagai suatu bayaran atas cara memasaknya yang baik.