Diare Kronis: Bagaimana Menghindarinya

Diare Kronis: Bagaimana Menghindarinyaiare kronis merupakan salah satu penyakit yang mengganggu pikiran. Penyakit ini dijelaskan sebagai feses berbentuk cair yang pada umumnya akan berlangsung lebih dari tiga minggu. Seseorang yang memiliki diare kronis akan bolak balik kamar mandi setidaknya 3 kali atau lebih dalam sehari. Seseorang dapat menghasilkan satu galon feses cair sehingga menyebabkan komplikasi seperti

dehidrasi. Mungkin terasa aneh untuk mengonsultasikan masalah diare, sebaiknya mengunjungi dokter jika gejalanya tidak berhenti lebih dari seminggu. Lebih baik aman daripada menyesal karena sistem pencernaan dapat menjadi jauh lebih menderita dan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Diare kronis dapat disebabkan oleh banyak faktor. Sebaiknya memusatkan pada tiga faktor utama terlebih dahulu.

Alergi atau intoleransi makanan. Jika kebetulan Anda memiliki konstitusi yang lemah, diare mungkin disebabkan oleh intoleransi atau alergi terhadap gluten, laktosa, kacang dan daging. Hindari jenis makanan ini, karena pencegahan akan jauh lebih baik daripada  mengobati. Jika Anda tidak tahu bahwa Anda peka terhadap produk makanan tertentu, Anda akan mengalami gejala-gejala IBS (Irritable bowel syndrome).

Penyebab kedua mungkin disebabkan oleh penyakit lain. Diare kronis bisa menjadi gejala kondisi kesehatan problematis dan kadangkala lebih serius dari yang Anda pikirkan. Penyakit-penyakit serius seperti Sindrom Iritasi Usus Besar, gagal ginjal, diabetes, kanker atau penyakit Crohn dapat menyebabkan diare kronis. Serangkaian tes diperlukan untuk mendiagnosa penyakit ini.

Candida Albicans adalah ragi atau jamur yang ditemukan di dalam saluran pencernaan Anda. Jamur ini membantu sistem pencernaan, tapi jika terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh bereaksi secara defensif terhadapnya. Pertumbuhan berlebihan dari jamur tersebut dapat tidak terkontrol jika Anda sedang tertekan atau makan diet yang tidak seimbang. Efek yang diakibatkannya adalah diare kronis dan hal ini dianggap berbahaya bagi kesehatan seseorang. Anda harus mengatasi hal ini secepat mungkin.

Jika diare berkelanjutan lebih dari seminggu, maka sudah waktunya untuk melihat di dalam perspektif berbeda dan serius. Anda bisa mencoba obat-obatan rumah untuk mengatasi diare akut, namun sebaiknya Anda menemui dokter jika Anda menderita diare kronis.

Olahraga dan kesehatan