Cara Mudah untuk Mengobati Diare Akut pada Orang Dewasa

Cara Mudah untuk Mengobati Diare Akut pada Orang DewasaPengalaman terburuk bagi seseorang adalah ketika harus pergi ke kamar mandi secara terus menerus terutama saat berada di lingkungan baru seperti di kantor atau di rumah teman. Terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah panggilan alam yang memang harus Anda respon agar jangan sampai Anda mengalami 'cedera permanen', hal ini sudah di luar kendali. Tubuh memiliki sebuah sistem yang membantu menyerap nutrisi dan mengeluarkan limbah. Namun, jika sistem ini terganggu, kinerjanya tidak akan efisien, dan akhirnya dapat menyebabkan hilangnya nutrisi. Hasilnya, feses yang dikeluarkan menjadi encer karena tubuh tidak dapat menyerap cairan.

Diare akut disebabkan oleh berbagai macam hal
. Misalnya,

jika ada infeksi pada usus, proses penyerapan akan terganggu. Hal ini juga dapat terjadi karena keracunan makanan terutama pada para wisatawan yang tidak berhati-hati terhadap kebersihan makanan di tempat-tempat yang sering mereka kunjungi. Bagi mereka yang suka minum bir atau sedang mengonsumsi  obat-obatan seperti antibiotik, mungkin akan mengalami perasaan yang tidak nyaman. Kondisi ini dapat berlangsung selama dua minggu dan hal inilah yang membedakan diare akut dengan jenis diare kronis.

Bila Anda didiagnosis terkena diare akut, hal yang paling penting adalah mencegah dan menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Jumlah cairan di dalam tubuh akan menurun karena sebagian besar cairan ikut terbuang bersama feses. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kecukupan cairan di dalam tubuh yang bisa diambil dari berbagai macam sumber cairan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan meminum beberapa gelas air setelah Anda buang air besar. Tindakan ini juga berlaku setelah Anda muntah agar tubuh tidak kekurangan cairan. Cairan yang diminum bisa berupa jus buah atau sup tetapi dianjurkan untuk menghindari cairan yang banyak mengandung gula.

Jika kondisinya parah, pasien harus minum minuman rehidrasi. Minuman rehidrasi ini kebanyakan diberikan kepada bayi atau pada orang lanjut usia. Prosedurnya sederhana, campurkan bahan minuman rehidrasi dengan air sesuai takaran yang dianjurkan lalu diminum. Dalam keadaan mendesak, pasien juga bisa diberi obat anti diare untuk melapangkan usus. Namun, sebelum meminum obat-obatan, Anda dapat mencoba untuk mengetahui penyebab terjadinya ketidaknyamanan ini, agar Anda dapat menghilangkannya. Jika masalahnya berasal dari keracunan makanan, minum obat mungkin tidak akan efektif jika Anda masih mengonsumsi zat berbahaya yang berasal dari makanan yang Anda makan.

Makanan yang dapat dikonsumsi
ketika seseorang terkena diare akut diantaranya adalah pasta dan nasi, untuk membantu tubuh dalam menyerap cairan, mineral dan nutrisi. Makanan tidak boleh terlalu berat dan jika pasien tidak punya nafsu makan, hal itu tidak perlu dikhawatirkan dan sebaiknya menunggu sampai pasien mempunyai nafsu makan yang besar. Makanan tidak boleh berlemak atau terlalu banyak bumbu karena akan memperparah iritasi pada usus. Jika diare akut terjadi karena stres, yang harus dilakukan adalah melakukan tindakan untuk mengurangi stres tersebut. Jika kondisinya bertambah parah, Anda harus pergi ke dokter.

 

Olahraga dan kesehatan