Mencegah Kaki Memborok

diabetes cap=D]iabetes Melitus adalah penyakit yang mempunyai banyak komplikasi. Penyakit gaya hidup yang kronis ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, gangguan ginjal, kebutaan, masalah peredaran darah, dan bahkan ini bisa menyebabkan kaki memborok yang

bisa berakhir dengan amputasi pada kaki bagian bawah.

Kaki memborok sangat umum dialami penderita diabetes. Sangatlah penting Anda mengetahui bagaimana cara mencegahnya terjadi, karena ini merupakan penyebab umum amputasi non-traumatik pada anggota tubuh bagian bawah. Setiap orang dengan diabetes bisa mengalami kaki memborok. Namun ada beberapa faktor yang secara signifikan meningkatkan risikonya. Dengan mengetahui faktor yang bisa meningkatkan risiko kaki memborok, Anda akan bisa mengetahui cara efektif untuk mencegahnya.

Lemahnya kontrol terhadap gula darah adalah faktor utama yang meningkatkan risiko pengembangan kaki memborok. Faktor lain yang juga meningkatkan risiko kaki memborok pada penderita diabetes adalah neuropati sensorik, sirkulasi yang buruk, kurang menjaga kesehatan kaki, memakai alas kaki/sepatu yang tidak cocok, cacat pada kaki dan riwayat mempunyai borok sebelumnya.

Jika Anda menderita diabetes serta mempunyai neuropati dan sirkulasi darah yang tidak lancar, maka Anda cenderung terkena kaki memborok. Ini adalah contoh klasik penyebab kaki memborok. Jika Anda berjalan-jalan dengan sepatu baru dan Anda mempunyai neuropati serta sirkulasi darah yang kurang lancar, maka Anda cenderung mendapatkan kaki memborok. Sepasang sepatu baru dan lamanya waktu berjalan bisa menyebabkan kaki melebam, yang bisa membuat Anda tidak bisa merasakan kaki Anda atau yang disebut neuropati sensorik. Kaki yang lebam kemudian akan melepuh, namun Anda tidak dapat merasakan kaki Anda melepuh karena matinya syaraf sensorik.

Sebagai akibat buruknya sirkulasi peredaran darah, lepuhan tidak akan bisa sembuh dan akan jadi borok. Ini adalah skenario yang bisa menyebabkan kaki memborok. Kasus klasik lain adalah tumbuhnya kuku kedalam yang dapat melukai kaki Anda dan menyebabkan kaki memborok.

Berikut ini adalah cara bagaimana Anda dapat mencegah kaki memborok. Dengan mengikuti saran-saran berikut ini Anda akan bisa menurunkan risiko pengembangan borok kaki dan mengurangi rsiko amputasi.

Pertama-tama Anda harus memeriksa tingkat gula darah Anda secara rutin. Dengan melakukan ini Anda dapat secara efektif memonitor dan mengatur tingkat gula darah Anda dalam tingkat yang normal.

Sebagai tambahan, memeriksa kondisi kaki Anda dengan kaca adalah harus, terutama jika Anda mengalami neuropati sensorik. Dengan melakukan ini Anda akan bisa mengetahui apakah Anda menderita lebam pada kaki yang bisa mengarah ke lepuhan dan kemudian ke borok.

Membersihkan kaki dengan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut juga bisa mencegah kaki memborok. Setelah Anda mencuci kaki Anda, selalu ingat untuk mengeringkan dengan benar, terutama pada bagian disela-sela jari.

Jika Anda memotong kuku Anda, jangan pernah memotong bagian pojokan, karena ini bisa menyebabkan kuku tumbuh kedalam daging. Selalu potong kuku kaki dengan sejajar. Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara memotong kuku kaki yang benar, Anda harus berkonsultasi dengan ahli penyakit kaki.

Alas kaki yang tepat sangat diperlukan untuk penderita diabetes. Pastikan sepatu yang Anda miliki pas dengan Anda. Berkonsultasilah dengan dokter penyakit kaki untuk memastikan sepatu yang Anda miliki nyaman dan mempunyai ruang yang cukup untuk kaki Anda sehingga tidak akan menyebabkan luka.

Ada beberapa cara untuk mencegah kaki memborok pada penderita diabetes. Dengan mengikuti tip-tip diatas, Anda akan mengurangi risiko terkena kaki memborok, dimana hal ini akan mengurangi risiko mendapat amputasi.