Gejala Awal Diabetes dan Bagaimana Mempersiapkan Diri Menghadapinya

Diabetes merupakan penyakit tersembunyi dan membahayakan yang telah mencapai tingkat anggapan sebagai suatu wabah dalam abad 21 ini. Para dokter dan ilmuwan mencoba menemukan faktor titik temu dari kejadian ini, terutama pada peningkatan asupan gula olahan (khususnya sirup jagung dengan fruktosa tinggi) dan gaya hidup yang kurang aktif bergerak. Jadi jika Anda mencari gejala awal diabetes, maka Anda dapat memperhatikan pola makan Anda  terlebih dahulu. Sebelum Anda menunjukkan gejala apa pun, Anda bisa memperhatikan dengan seksama pada diet dan gaya hidup Anda, lalu mencocokkannya  dengan kondisi-kondisi yang merupakan  gejala awal dibetes.

Bagaimanapun juga, jika sudah terlambat dan penyakit ini telah menimpa Anda, maka ada beberapa gejala awal  yang bisa Anda lihat dan temukan dengan mudah.

Pertama-tama, Anda harus mencatat seberapa sering Anda ke kamar kecil. Jika Anda sangat sering melakukannya, maka Anda mungkin mengalami awal timbulnya diabetes. Anda akan sering buang air kecil saat Anda memiliki glukosa terlalu banyak di dalam darah (yang merupakan diabetes sebenarnya - penumpukan glukosa di dalam aliran darah dan kekurangan glukosa di dalam sel-sel tubuh Anda. Diabetes tipe 2 merupakan jenis yang umum, meskipun hasil akhirnya sama).

Alasan Anda sering buang air kecil yang merupakan salah satu gejala awal diabetes adalah karena ginjal Anda tidak bisa mengembalikan glukosa ke dalam darah jika insulin Anda tidak bekerja dengan benar. Ginjal Anda merespon dengan menghisap air yang berlebih agar keluar  dari aliran darah Anda dalam upaya untuk mencairkan glukosa, karena itu membuat kandung kemih Anda penuh dan membuat Anda sering ke kamar kecil.

Gejala awal sekunder dari diabetes terkait dengan hal ini adalah Anda akan selalu merasa haus karena Anda akan selalu dehidrasi. Ini adalah bagian dan paket dari gejala-gejala awal diabetes pertama yang disebutkan di atas. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa kehausan yang tidak terpuaskan ini terjadi jauh lebih cepat dan lebih jelas pada diabetes Tipe 1 (di mana sel-sel yang memproduksi insulin hancur) daripada pada Tipe 2 (di mana sel-sel yang memproduksi insulin tidak efektif atau terhalang).

Jadi selain sering buang air kecil dan rasa haus yang tidak kunjung terpuaskan, disamping  Anda juga akan merasa letih lesu. Ini terjadi karena glukosa adalah yang memberikan energi kepada kita, dan jika Anda tidak memiliki insulin untuk membantu transisi ke dalam sel-sel, maka Anda tidak memiliki energi. Anda akhirnya akan merasa letih, benar-benar lemas, hampir sepanjang waktu.

Terdapat gejala awal diabetes lainnya seperti mati rasa pada kaki Anda, penglihatan kabur, dan kulit yang kering. Awasi semua gejala-gejala tersebut dan pastikan makan diet yang benar dan temui dokter Anda!