Dalam Mengobati Diabetes, Kadar Gula Darah adalah Segalanya. Benarkah?

Dalam Mengobati Diabetes, Kadar Gula Darah adalah Segalanya. Benarkah?nda selalu diberitahu, jika Anda mengidap diabetes, yang paling penting untuk dipikirkan adalah kadar gula darah. Bagaimana jika Anda mendengar dari dokter bahwa ada penelitian baru yang menunjukkan bahwa pemikiran Anda tentang kadar gula darah adalah keliru dan

malah mempercepat kematian Anda? Semua informasi itu berasal dari sebuah studi penting yang dilakukan oleh pemerintah.

Para peneliti dalam program itu mengundang para sukarelawan yang terkena diabetes berat dan memberi mereka diet ketat yang berat serta tindakan lainnya supaya kadar gula darahnya turun. Para sukarelawan dalam studi inovatif tersebut diberi lebih dari tiga obat untuk menurunkan kadar gula darah mereka, diberi suntikan insulin dan mereka hanya mengonsumsi makanan paling lunak dan paling tawar untuk memastikan tidak ada gula di dalamnya. Diketahui kemudian bahwa semakin keras dan ketat perlakuannya, para pasien diebetes malah bertambah parah sakitnya. Tentu saja, dalam diabetes, kadar gula darah jarang bisa diturunkan dengan metode ketat secara brutal seperti itu dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian itu masih memiliki beberapa pelajaran bagi semua orang untuk menurunkan kadar gula darah mereka.

Sekarang, apa tepatnya hal terburuk dari usaha menurunkan kadar gula darah diabetes tipe 2 ke level normal  ?  Inilah masalahnya, dokter yang mencoba melakukan yang terbaik dan berkonsentrasi sepenuhnya pada kadar gula darah diabetes biasanya mengabaikan standar perawatan pada tekanan darah dan kolesterol pasien. Biasanya, Anda tidak dapat mengontrol keduanya dengan baik saat Anda lebih memperhatikan gula darah. Apa yang telah mereka pelajari adalah bahwa Anda perlu memperlakukan ketiganya dengan seimbang. Jika mementingkan yang satu lalu mengabaikan yang lainnya, kesehatan pasien akan memburuk. Pelajaran yang telah mereka pelajari adalah melakukan pekerjaan yang rata-rata untuk menurunkan kadar gula darah adalah hal yang cukup bagus. Anda tidak harus melakukan segalanya pada satu hal. Bahkan cobalah untuk mneyeimbangkan perlakuan pada ketiganya secara stabil.

Ada cara pandang lain untuk menyikapi hal ini. Jika Anda menggunakan banyak obat-obatan dan metode untuk mengontrol kadar gula darah, sebenarnya hal itu mengubah cara bagaimana tubuh Anda terpengaruh oleh kadar gula darah yang rendah. Para dokter akan heran saat mencoba membantu menguruskan tubuh pasien dan membuat mereka lebih sensitif terhadap insulin yang mereka pakai malah lebih menolong daripada semua metode yang dilakukan. Mungkin masalah dari semua ini adalah bahwa dokter sering mencari rekomendasi dari teks dan literatur medis dan benar-benar memperlakukan pasien berdasarkan rekomendasi tersebut secara harfiah. Pasien adalah individu yang berbeda dan kebutuhan mereka juga sering berbeda. Seandainya dokter dapat menggunakan pengetahuan personal dari pasien untuk mencoba menyesuaikan apa yang diketahui terhadap kebutuhan unik dari masing-masing pasien, pasti semuanya akan menjadi lebih baik.

Olahraga dan kesehatan