Mengatasi Depresi

Mengatasi Depresi cap=D]epresi adalah suatu masalah psikologis yang disebabkan oleh perubahan berbagai hal, diantaranya emosional, fisik dan lingkungan. Untuk dapat mengatasi depresi dengan sukses, Anda harus memahami polanya dan juga penyebabnya. Seringkali Anda merasa sedih, patah semangat, atau tak berdaya dan ini dapat menuntun ke arah depresi. Pertama, penting untuk memahami gejala-gejala yang menjad

karakteristik dari depresi. Jika Anda mengalami depresi, pola tertentu dalam kehidupan Anda akan berubah. Mungkin Anda akan mengalami jadwal tidur yang terganggu dan perubahan nafsu makan yang jauh berbeda dari biasanya. Anda mungkin juga mengalami penurunan konsentrasi beberapa waktu dan seringkali Anda merasa tidak berguna dan merasa bersalah terhadap sesuatu yang diluar kendali Anda. Gejala lainnya dari depresi juga mencakup hilangnya ketertarikan terhadap aktivitas yang dulu Anda merasa senang melakukannya.

Anda mungkin juga merasa lelah dan sedikit berenergi untuk menyelesaikan tugas yang ada. Di waktu lain, Anda mungkin akan merasa berpikir ingin bunuh diri dan menyendiri dari lingkungan sosial. Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui gejala-gejala kondisi ini dan mengambil langkah pertama untuk mengatasi depresi. Langkah awal untuk mengatasi depresi adalah perubahan gaya hidup, sangat penting untuk menyibukkan pikiran Anda ke hal-hal lain, misalkan berolahraga. Ini akan mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang akan membuat Anda stres.  Solusi lainnya adalah menghindari isolasi diri sebisa mungkin. Cobalah untuk memiliki teman-teman baik disekitar Anda yang dapat selalu memperhatikan keadaan Anda. Hal lainnya adalah menghindari pikiran-pikiran negatif yang mungkin dapat membawa Anda lebih jauh kedalam depresi. Penting sekali untuk selalu berpikiran positif karena ini akan mendorong rasa percaya-diri Anda untuk menjadikan Anda lebih yakin dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan Anda.

Dalam mengatasi depresi secara efektif, akan melibatkan pola makan yang sehat karena junk food (makanan sampah) dapat menambah berat badan Anda, yang nantinya membuat Anda semakin jauh kedalam depresi. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki “me time” , dimana Anda bisa mengambil waktu untuk relaks dan menenangkan hati Anda. Mengatasi depresi bukanlah kesuksesan yang didapat dalam waktu sehari dan disarankan untuk memulai dari hal-hal kecil. Sangat penting untuk selalu fokus, karena Anda akan dapat bekerja menyelesaikan tugas Anda, dimana akan dapat mengurangi depresi Anda. Dukungan dari keluarga dan teman dekat akan sangat membantu Anda, karena mereka akan menyuntikkan energi positif kedalam diri Anda yang benar-benar sangat Anda butuhkan. Anda juga lebih nyaman mencurahkan isi hati Anda kepada mereka.

Dengan begini, beban hidup yang Anda alami akan terasa lebih ringan setelah Anda sharing dengan orang terdekat Anda. Bergabung kedalam suatu grup yang memberi dukungan moril bagi orang depresi juga dapat menjadi nilai tambah dalam mengatasi depresi, karena ini akan mengurangi isolasi-diri Anda. Cara lain untuk mengatasi depresi adalah ikhlas terhadap sesuatu. Seringkali, dalam hidup ini, Anda mungkin merasa terikat kepada sesuatu atau seseorang dan suatu kenyataan yang menyedihkan bahwa kita tidak mampu menggapainya. Anda mungkin telah kehilangan seseorang yang istimewa dan ini dapat menuntun Anda kearah depresi. Mengikhlaskannya pergi akan membantu Anda menjalani hidup dan membantu Anda menghargai apa yang Anda miliki dan menghargai orang lain yang membuat Anda lebih baik dalam kehidupan ini.

 

Olahraga dan kesehatan