Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Penderita Celebral Palsy

Penderita Cerebral Palsy, sama seperti halnya orang lain, juga mengalami pengalaman hidup yang naik turun. Hal ini tentu saja sesuatu yang normal dalam kehidupan. Menumbuhkan rasa percaya diri bagi penderita Cerebral Palsy adalah langkah awal untuk memaksimalkan potensi mereka, yang tentu saja lebih baik daripada mereka menyesali nasib mereka.

Percaya diri diukur dari sejauh mana seseorang mengetahui nilai dirinya sendiri. Kepercayaan diri seseorang dapat bersifat dramatis dan sangat mempengaruhi kehidupannnya karena  rasa percaya diri membentuk cara pandang dan sikap seseorang terhadap kehidupan.

Rasa percaya diri inilah yang biasanya menjadi tantangan bagi penderita Cerebral Palsy karena mereka menyadari kalau diri mereka berbeda dari

orang-orang lain yang tidak sakit dan kenyataan bahwa mereka terikat oleh batasan-batasan mengenai apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan karena kondisi mereka.

Masalah percaya diri sangat penting karena rasa percaya diri kita menentukan apakah kita merasa dibutuhkan dan dicintai orang lain. Rasa percaya diri yang rendah membuat kita jadi murung,sedih,takut mencoba hal baru dan takut mengambil risiko, terkadang bahkan membuat kita depresi.

Di bawah ini adalah beberapa cara terbaik yang umum digunakan dan sudah teruji untuk mendorong rasa percaya diri seseorang.

Beri pujian setiap hari,
terutama untuk tugas-tugas spesifik yang berhasil dikerjakan dengan baik. Beri mereka selamat atas keberhasilan mereka. Hal ini akan memotivasi orang tersebut untuk bekerja lebih giat dan menumbuhkan kedewasaan mereka.

Buatlah sebuah daftar mengenai hal-hal yang menjadi keunggulan atau pencapaian kita seperti talenta, keahlian, olahraga atau bantuan kita terhadap orang lain. hal ini penting bagi penderita Cerebral Palsy. Ketika kemampuan dan pencapaian mereka diakui, mereka akan merasa lebih baik mengenai diri mereka.

Seseorang dapat menambahkan poin-poin lain dan menyemangati kita untuk melakukan hal yang lebih baik dan bukan saja membuat orang memahami sesama dengan lebih baik, namun juga memberi pengenalan dan pengukuran yang benar terhadap diri sendiri. Apresiasi terhadap bentuk fisik dan sikap seseorang dapat juga menjadi sumber rasa percaya diri.

Orang lain juga dapat menjadi sumber harga diri dan dapat membantu bagaimana seseorang ingin agar orang lain menghargai mereka dengan kondisi fisik mereka agar dapat meningkatkan kepuasan dan moral pribadi.

Walaupun banyak orang yang menghargai orang lain sama seperti suara pikiran, namun selalu ada sesuatu yang tidak dapat diubah dari diri seseorang, terutama mereka yang mengalami Cerebral Palsy dan keterbatasan dibanding orang lain yang tidak mengalaminya.

Jangan biarkan pendapat negatif mempengaruhi penderita Cerebral Palsy, atau bahkan jangan membuat semangat mereka berkurang sehingga mereka merasa kurang berharga atau kurang berguna. Tentu saja seseorang tidak dapat berbuat apa-apa selain ikut merasa sedih terhadap komentar atau reaksi negatif, tetapi seseorang dapat menjadikan ini sebagai ujian terhadap karakter dan kepribadian.

Terakhir, sangat baik untuk melihat segala sesuatu secara holistik dan menghargai seseorang untuk apa yang dapat mereka lakukan, entah itu penderita Cerebral Palsy atau bukan, karena hal ini dapat mengurangi diskriminasi dalam menjalani kehidupan.

Jadi, cobalah untuk melihat apakan seseorang yang menderita cerebral palsy merasa kurang diperhitungkan atau tidak puas dengan cara pandang orang lain, lalu cobalah berpikir bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri dari penderita cerebral palsy.