Tentang kesehatan

Menangani Cerebral Palsy

Menangani Cerebral Palsyidaklah mudah bagi seseorang untuk hidup dengan gangguan Cerebral Palsy atau Lumpuh Otak. Langkah pertama untuk menangani masalah ini ialah dengan membantu mereka yang mengidap Cerebral Palsy.

Cerebral Palsy adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut sekumpulan kondisi kronis yang mempengaruhi koordinasi otot tubuh. Koordinasi otot tubuh yang terganggu akan menyebabkan

gangguan bagi penderita untuk melakukan gerakan sehari-hari. Para ahli di bidang kesehatan yakin bahwa Cerebral Palsy disebabkan oleh kerusakan pada satu atau beberapa daerah pada otak. Kerusakan ini biasanya terjadi ketika janin masih berkembang di dalam rahim atau pada saat bayi masih sangat muda.

Pada banyak kasus, kerusakan bisa juga terjadi sebelum, selama atau beberapa saat sesudah kelahiran. Cerebral Palsy tidak menjadi penghalang bagi banyak penderita muda dengan kasus kerusakan ringan hingga menengah untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti belajar di sekolah, berteman atau sekedar melakukan hobby mereka. Meski demikian, cara mereka melakukan aktivitas-aktivitas ini sedikit berbeda dengan bagaimana orang normal melakukannya.

Penderita Cerebral Palsy biasa ditemani oleh komputer atau robot yang membantu mereka melakukan aktivitas sehari-hari. Peralatan yang dipergunakan oleh tiap pasien berbeda-beda mulai dari komputer yang membantu penderita berkomunikasi dengan orang lain hingga kursi roda yang didesain khusus untuk membantu anak yang mengidap Cerebral Palsy bergerak dan melakukan kegiatan seperti anak-anak normal lainnya.

Orang-orang yang sehat bisa juga ikut mengambil bagian dalam membantu mereka yang mengidap Cerebral Palsy dengan memahami kondisi mereka. Mereka akan terhambat dan kesulitan dalam bergerak, jadi sewajarnya orang-orang dengan Cerebral Palsy diperlakukan dengan penuh kesabaran. Sadarilah kebutuhan mereka dan bantulah semampunya, dengan begitu mereka akan merasa terdorong dan nyaman berada di sekitar anda. Jadilah teman yang baik bagi mereka dengan memahami kekurangan mereka. Selalu berusaha untuk membangkitkan semangat dan rasa percaya diri mereka.

Para ahli percaya bahwa bayi prematur lebih rentan terhadap Cerebral Palsy. Ini dikarenakan organ-organ tubuh bayi prematur belum berkembang dengan sempurna ketika mereka dilahirkan. Hal ini menyebabkan peredaran darah ke otak kurang lancar dan akhirnya menyebabkan kerusakan.

Pada dasarnya, terdapat 3 jenis Cerebral Palsy yang umum ditemui. Yang pertama adalah Spastic Cerebral Palsy(Cerebral Palsy yang biasa ditandai oleh kejang-kejang). Mereka yang mengidap Cerebral Palsy jenis ini tidak mampu membuat otot mereka rileks dan ini menyebabkan tegangnya otot.

Yang kedua adalah Athetoid Cerebral Palsy. Cerebral Palsy jenis ini biasanya membuat pengidap tidak dapat mengontrol otot mereka. Penderita akan selalu terlihat melakukan gerakan-gerakan aneh dan tak terkendali dengan tangan atau kaki mereka.

Yang ketiga adalah Ataxic Cerebral Palsy. Penderita akan memiliki masalah dengan keseimbangan tubuh dan koordinasi.

Terdapat berbagai tingkat keparahan pada Cerebral Palsy mulai dari yang ringan hingga yang amat parah. Tingkat keparahan Cerebral Palsy juga ditentukan oleh tingkat kerusakan pada otak penderita. Meskipun demikian, penyebab Cerebral Palsy masih tidak dapat diyakinkan dengan pasti hingga sekarang.

Hal yang penting untuk diketahui tentang Cerebral Palsy adalah gangguan ini tidak menular karena Cerebral Palsy bukanlah penyakit. Jadi kita tidak perlu khawatir untuk bergaul dengan pengidap Cerebral Palsy. Memang betul Cerebral Palsy tidak dapat disembuhkan, tapi dengan terapi, pendidikan yang cukup dan teknologi yang memadai, penderita Cerebral Palsy bisa hidup secara wajar dan produktif.

Sangatlah penting untuk mengetahui dan mengerti Cerebral Palsy dan bagaimana gangguan ini mempengaruhi kehidupan penderitanya. Dengan kesadaran dan tenggang rasa untuk pasien pengidap Cerebral Palsy, kita dapat membantu mereka berjuang melawan Cerebral Palsy di kehidupan mereka.

Olahraga dan kesehatan