Tentang kesehatan

Fakta-Fakta Tentang Bronkitis dan Asma

Fakta-Fakta Tentang Bronkitis dan AsmaSaat seorang ahli medis spesialis menggunakan kata "kronis" maka dia merujuk pada sebuah penyakit yang tidak hilang dalam jangka waktu yang panjang yang diderita oleh pasien. Salah satunya adalah bronkitis kronis.


Bronkitis kronis adalah penyakit yang sebabkan oleh iritasi ataupun pembengkakan pada jalan udara ke paru-paru. Jalan udara ini berbentuk tabung dan berfungsi sebagai jalan masuk serta keluar untuk udara. Jalan udara juga disebut sebagai pembuluh tenggorokan (bronchial tubes).

Saat iritasi terjadi di pembuluh tenggorokan (bronchial tubes) maka akan diikuti oleh pembentukan lendir. Dan pembuluh tenggorokan akan dipenuhi lendir sehingga akan membuat bernafas jadi sulit.

Di lain pihak, asma adalah peradangan kronis di pembuluh tenggorokan. Kelainan paru-paru yang umum ini ditandai dengan kesulitan untuk bernafas.

Bronkitis kronis sering dihubungkan dengan asma ataupun juga alergi. Kenyataannya adalah infeksi daerah tenggorokan ini terjadi karena beberapa sebab yang merupakan pemicunya.

Kedua jenis kelainan paru-paru ini, Bronkitis kronis dan asma, ditandai dengan batuk-batuk, dada sesak, nafas berbunyi dan kesulitan bernafas.

Sayangnya, faktor lingkungan juga berpengaruh memicu infeksi daerah tenggorokan ini.

Debu adalah sebuah contoh faktor lingkungan. Dan kita semua tahu kalau debu ada dimana-mana. Itulah kenapa mereka yang bermasalah dengan sistem pernafasannya, debu adalah musuh yang berat untuk kesehatannya. Untuk penderita asma dan bronkitis, tempat yang berdebu bukanlah zona bernafas yang ideal.
Oleh karena itu, mereka yang mempunyai masalah dengan pernafasannya disarankan untuk membatasi kontak dengan debu sebisanya. Pencegahan yang dilakukan terhadap debu akan tergantung terhadap tingkat sensivitas masing-masing.

Mereka yang cukup sensitif mungkin perlu melengkapi rumah mereka dengan peralatan pembersih udara. Sementara mereka yang tidak begitu sensitif mungkin hanya perlu membersihkan rumahnya dari debu secara rutin.

Jika Anda adalah salah satu dari penderita penyakit paru-paru ini, Anda bisa mencari artikel-artikel di internet untuk mendapatkan tip-tip untuk menghindari dan menyingkirkan faktor-faktor yang memicu asma dan penyakit tenggorokan di rumah Anda.

Faktor lain yang mungkin berbahaya bagi sistem pernafasan dan bisa menyebabkan infeksi daerah tenggorokan adalah bau dan aroma dari bahan-bahan kimia. Contohnya adalah asap rokok. Perokok dan orang yang tidak sengaja menghirup asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok dapat mempengaruhi kesehatan sistem pernafasannya. Dan karenanya, hal ini akan menyebabkan batuk kronis, yang biasanya dialami oleh penderita asma dan bronkitis.

Selanjutnya, batuk kronis dan bronkitis bisa dipicu oleh iritasi asam lambung, iritasi asam lambung ini disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan. Hal ini biasa disebut refluks asam.Untuk penderita batuk kronis yang pemicunya adalah bronkitis dan asma, sangat disarankan untuk datang ke ahli paru-paru atau spesialis sitem pernafasan untuk mendapatkan diagnosa yang akurat.

Selain hal diatas, mengerti pola hidup dari penderita juga bisa membantu, karena ada beberapa faktor lingkungan yang perlu dihindari oleh mereka yang mempunyai masalah sistem pernafasan.

Di lain pihak, terdapat juga penyakit asma tenggorokan (bronchial asthma). Asma tenggorokan adalah pengetatan tabung tenggorokan yang kadang terjadi dan dalam waktu yang singkat.

Namun ada sedikit kebingungan terhadap asma tenggorokan (bronchial asthma). Mereka yang tidak begitu paham dengan istilah kesehatan, mungkin menganggap asma tenggorokan (bronchial asthma) adalah gabungan dari bronkitis dan asma.

Menurut etimologi(ilmu asal kata) Bronchitis(bronkitis) berasal dari kata yunani, "bronchos", yang berarti pipa angin atau tenggorokan." dan "it is" adalah persamaan kata dari "penyakit". Sementara istilah asthma (asma) berasal dari kata yunani, "azein", yang berarti "sulit bernafas". Secara medis, istilah "bronchial asthma" (asma tenggorokan) adalah yang secara umum dikenal dengan asma.

Bronkitis adalah pembengkakan pembuluh tenggorokan, bisa terjadi dalam waktu yang singkat ataupun berlangsung dalam jangka waktu yang lama, atau kronis. Ini bisa karena terinfeksi oleh virus dan pembuat iritasi paru-paru seperti polutan dan asap yang membahayakan sistem pernafasan.

Sementara asma bronkitis disebabkan oleh masalah pada perut. Walupun ini bisa dipicu oleh faktor lain seperti debu.

Olahraga dan kesehatan