Tentang kesehatan

Bronkitis Asmatik Akut

bronkitis cap=S]istem pernapasan adalah salah satu sistem yang paling penting dalam tubuh manusia. Ini adalah bagian tubuh yang mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh agar menjaganya tetap hidup. Tanpanya, tubuh tidak akan mampu bertahan. Inilah mengapa

selalu menjaga sistem pernapasan Anda adalah hal yang penting.

Bagaimanapun juga, ada kemungkinan akan terjadinya gangguan pernapasan. Salah satu jenis penyakit pernafasan yaitu Bronkitis. Bronkitis adalah suatu gangguan paru obstruktif yang mana terjadi peradangan pada bronkus paru-paru. Kondisi khusus ini umum terjadi pada perokok tembakau atau orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Salah satu jenis bronkitis disebut bronkitis akut yang dianggap sebagai bronkitis jangka pendek dan dapat segera diobati. Anda dapat mengetahui jika sedang memiliki bronkitis akut saat Anda menderita tanda-tanda dan gejala berikut :

  • Batuk persisten disertai lendir
  • Sesak napas (dispnea)
  • Demam ringan
  • Kelelahan
  • Sakit dada ringan
  • Merasakan getaran di dada saat bernapas
  • Perasaan dingin

Jika Anda menderita tanda-tanda dan gejala tersebut, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar ia dapat melakukan diagnosis. Diagnosis akan mencakup pemeriksaan fisik dimana dokter akan mendengarkan suara pernapasan Anda melalui stetoskop. Mereka juga akan melakukan rontgen dada untuk pengujian lebih lanjut.

Bronkitis akut umumnya disebabkan oleh virus yang menginfeksi lapisan cabang-cabang bronkial. Virus ini bisa saja merupakan virus yang sama yang menyebabkan pilek. Dalam kasus yang jarang terjadi, bronkitis akut dapat disebabkan oleh infeksi jamur di cabang-cabang bronkial. Infeksi bakteri juga merupakan salah satu penyebab utama bronkitis akut.

Olahraga dan kesehatan