Tentang kesehatan

Bronkitis Akut: Mengenal Tentang Perbedaan Tanda-tandanya dan Gejala-gejalanya

 Bronkitis Akut: Mengenal Tentang Perbedaan Tanda-tandanya dan Gejala-gejalanya

Ada cukup banyak orang yang hidup hari ini yang menderita berbagai jenis penyakit pernapasan. Anda harus mengetahui bahwa kesehatan pernafasan Anda adalah salah satu faktor yang paling penting yang harus Anda perhatikan. Banyak orang yang telah dilumpuhkan oleh penyakit pernafasan kronis di mana penyebab utama adalah mereka cenderung mengabaikan tanda- tanda dan gejala awal penyakit tersebut kemudian menjadi berkembang dan bertambah parah.

Salah satu jenis penyakit yang umumnya diabaikan oleh masyarakat yaitu bronkitis. Penyakit ini biasa terjadi pada bayi dan anak-anak dimana sistem kekebalan tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan. Perokok dan orang-orang yang tinggal di daerah yang tinggi tingkat polusi udaranya juga umumnya menderita bronkitis. Bronkitis akut adalah penyakit pernapasan di mana pohon bronkial terinfeksi oleh virus atau bakteri atau dalam kasus yang jarang terjadi, yaitu jamur. 95% dari bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus di mana tidak memerlukan tindakan khusus.

Pengobatan untuk bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus hanya memerlukan banyak istirahat, minum banyak air atau jus selama mengalami infeksi. Pada infeksi yang disebabkan bakteri, biasanya dibutuhkan antibiotik bersamaan dengan perawatan dasar. Jika memungkinkan, disarankan agar meningkatkan kelembaban di dalam rumah dengan menggunakan alat untuk meningkatkan kelembaban ruangan atau dengan meletakkan beberapa handuk basah dan selimut di sekitar rumah.

Bronkitis akut, jika diobati dengan benar, biasanya sembuh sekitar 10 sampai 12 hari saja dan biasanya diikuti dengan flu atau pilek. Kadang-kadang, batuk dapat bertahan selama dua hingga tiga minggu atau selama proses penyembuhan bronchioli. Namun, jika batuk masih tetap ada, dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Anda segera karena kemungkinan ada kondisi lain yang mempengaruhi tubuh Anda.

Jika bronkitis akut dibiarkan tanpa diobati, dapat berkembang menjadi bronkitis kronis di mana penyakit ini bisa bertahan dalam jangka waktu lama yang dapat berlangsung antara 3 bulan sampai 2 tahun. Bronkitis kronis memiliki kerusakan permanen di dalam sistem pernapasan Anda. Ini sebabnya penting bahwa Anda harus tahu semua tentang tanda-tanda bronkitis dan gejala yang terkait dengannya. Jika Anda mengabaikan tanda-tanda dan gejala bronkitis akut, akan berkembang menjadi bronkitis kronis yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem pernafasan dan dapat mengganggu gerakan dan aktivitas normal Anda.

Tanda-tanda dan gejala yang terkait dengan bronkitis akut yaitu sesak napas, nyeri ringan di dada, mengalami demam ringan, batuk terus-menerus dengan lendir, menggigil, sesak di dada, nafas berbunyi, dan sakit kepala. Seperti yang dapat Anda lihat, gejala bronkitis akut memiliki gejala serupa dengan penyakit flu biasa. Itulah sebabnya mengapa sangatlah penting jika Anda mengalami tanda-tanda dan gejala tersebut, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda tentang hal ini.

Mereka akan melakukan serangkaian tes yang akan mencakup pemeriksaan fisik dengan mendengarkan pernapasan Anda melalui stetoskop dan sinar-X di dada. Uji laboratorium juga akan mencakup pemeriksaan lendir Anda untuk menentukan apakah Anda mengidap bronkitis akut yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau infeksi jamur.

Selama tahap pemulihan bronkitis akut, penting bagi Anda untuk berhenti merokok jika Anda seorang perokok, atau menghindari menghirup asap rokok yang ditiup oleh perokok. Juga disarankan agar Anda mengatur peredaran udara di dalam rumah Anda untuk menghirup udara bersih.

Bronkitis akut juga mudah untuk dicegah. Dengan selalu mencuci tangan Anda dan dengan berhenti merokok, Anda akan mampu untuk menjaga kesehatan pernapasan Anda dan menghindari terinfeksi oleh virus dan bakteri yang menyebabkan bronkitis akut.

Selalu diingat bahwa bronkitis akut dapat diobati. Begitu tanda-tanda dan gejala muncul, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda tentang hal itu. Anda harus mempertimbangkan bahwa mungkin bukan pilek biasa yang Anda derita tetapi bronkitis akut.

Dengan mengambil tindakan yang diperlukan dan dengan mengetahui tentang tanda dan gejala bronkitis akut, Anda dapat mencegahnya menjadi semakin parah dan tidak membiarkannya berkembang menjadi bronkitis kronis. Dengan perawatan penyakit yang efektif dan tepat, Anda boleh yakin bahwa Anda tidak akan pernah menderita bronkitis kronis.