Apakah Rehabilitasi Paru-paru ?

paru-paru

Rehabilitasi Paru-paru,juga disebut RP, adalah program yang luas yang membantu meningkatkan kesejahteraan orang yang memiliki masalah pernafasan kronis (berkelanjutan).

Misalnya, RP dapat menguntungkan orang-orang yang

PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), sarkoidosis, fibrosis paru idiopatik, atau systic fibrosis.

RP juga dapat menguntungkan orang-orang yang membutuhkan operasi paru-paru, baik sebelum dan setelah operasi.

RP tidak menggantikan terapi medis. Sebaliknya, RP digunakan dengan terapi medis dan mungkin termasuk:

  • Latihan fisik
  • Konsultasi Gizi
  • Edukasi tentang penyakit paru-paru atau kondisi. Anda dan bagaimana penanganannya
  • Teknik penyimpanan tenaga
  • Teknik pernafasan
  • Konsultasi psikologis

RP melibatkan komitmen jangka panjang dari pasien dan tim penyedia layanan kesehatan. Tim RP mungkin termasuk dokter, perawat, dan spesialis. Contoh spesialis termasuk terapis pernafasan, terapis fisik dan kegiatan, ahli gizi dan psikolog. pasien RP juga dapat menjalankan RP di rumah mereka.

Ketika Anda mulai RP, tim rehabilitasi Anda akan membuat rencana yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Kemungkinan Program  RP Anda adalah mingguan . Tim Anda juga akan mengharapkan Anda dapat mengikuti jadwal Anda, termasuk latihan dan perubahan gaya hidup, di rumah. RP memiliki banyak manfaat. Hal ini dapat meningkatkan fungsi dan kualitas hidup Anda. Program ini juga dapat membantu meringankan masalah pernapasan Anda. Bahkan jika Anda memiliki penyakit paru-paru yang cukup  parah, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari RP.

Siapa yang membutuhkan Rehabilitasi Paru-paru ?

Dokter mungkin merekomendasikan rehabilitasi paru-paru (RP) jika Anda sedang menderita penyakit paru-paru kronis  . Dia juga mungkin menyarankan RP jika Anda memiliki kondisi yang membuat Anda sulit bernapas dan membatasi aktivitas Anda. 

Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan manfaat dari PR jika Anda memiliki:

-PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). PPOK termasuk emfisema  dan bronkitis kronis. Gejala-gejala PPOK termasuk batuk (baik batuk kering atau batuk yang mengusir dahak atau lendir dari saluran udara Anda), mengi, sesak napas, sesak dada, dan gejala lainnya. 

-Penyakit paru Interstitial. Jenis penyakit yang menyebabkan parut pada jaringan paru-paru dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menyebabkan batuk, sesak napas, dan gejala lainnya. Contoh penyakit paru-paru interstitial termasuk sarkoidosis dan fibrosis paru idiopatik. 

-Cystic fibrosis (CF). CF adalah penyakit bawaan yang menyebabkan lendir lengket dan tebal,  terkumpul di paru-paru dan memblokir saluran udara. CF dapat menyebabkan sering batuk dan infeksi saluran pernapasan.

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan RP sebelum dan setelah operasi paru-paru untuk membantu Anda dalam proses pemulihan setelah operasi. Contohnya, orang-orang yang menjalani operasi untuk kanker paru-paru atau PPOK dapat mengambil manfaat dari RP. 

RP juga dapat membantu orang yang memiliki penyakit gangguan otot yang dapat mempengaruhi otot-otot yang digunakan untuk bernapas. Salah satu contoh dari jenis gangguan adalah distrofi otot.

RP bekerja lebih baik dimulai  ketika penyakit Anda berada dalam tahap moderat. Namun, orang-orang yang memiliki penyakit paru-paru tahap lanjut pun bisa mendapatkan keuntungan dari RP.

Apa yang Anda alami selama rehabilitasi paru

Rehabilitasi paru (RP) dapat memiliki banyak bagian, dan tidak semua program menawarkan setiap bagian. 

Program RP mungkin termasuk: 

  • Latihan fisik
  • Konsultasi Gizi
  • Edukasi tentang penyakit paru-paru atau kondisi Anda dan bagaimana penanganannya
  • teknik penyimpanan tenaga
  • teknik pernafasan
  • konsultasi psikologis 

Latihan Fisik

Tim RP Anda akan memberikan jadwal kegiatan fisik disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mereka akan membuat jadwal(planning) untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot, sehingga Anda akan lebih mampu untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. 

Rencananya kemungkinan akan mencakup latihan untuk kedua lengan dan kaki. Anda mungkin menggunakan treadmill, sepeda stasioner, atau beban untuk melakukan latihan Anda. 

Jika Anda tidak bisa menjalani sesi latihan panjang, rencana Anda mungkin melibatkan beberapa sesi pendek dengan jeda istirahat di antaranya. Sementara Anda berolahraga, tim Anda dapat memeriksa kadar oksigen dalam darah Anda dengan perangkat yang melekat pada jari Anda. 

Anda mungkin harus melakukan latihan Anda setidaknya tiga kali seminggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Konsultasi Gizi 

Data yang dikumpulkan oleh tim RP Anda saat Anda memulai program akan menunjukkan apakah Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Kedua kondisi ini dapat membuat sulit untuk bernapas. Jika Anda kelebihan berat badan, lemak di sekitar pinggang Anda dapat mendorong melawan diafragma Anda (otot yang membantu Anda bernapas). Ini akan memberikan paru-paru Anda sedikit ruang untuk memperluas saat bernafas. Tim Anda dapat merekomendasikan rencana makan yang sehat untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Anda juga dapat memiliki masalah pernapasan jika Anda kekurangan berat badan. Beberapa orang yang sedang menderita penyakit paru-paru kronis mengalami kesulitan menjaga berat badan. Jika Anda kehilangan berat badan terlalu banyak, Anda bisa kehilangan massa otot. Hal ini dapat melemahkan otot-otot yang digunakan untuk bernapas. Jika Anda kekurangan berat badan, tim Anda dapat merekomendasikan rencana makan yang sehat untuk membantu Anda mendapatkan berat badan. Mereka juga dapat memberikan kalori dan protein suplemen untuk membantu Anda menghindari penurunan berat badan dan hilangnya massa otot. 

Pendidikan 

Bagian dari RP melibatkan belajar tentang penyakit  atau kondisi Anda dan bagaimana mengelolanya (termasuk bagaimana untuk menghindari situasi yang memperburuk gejala). Gejala Anda mungkin lebih buruk jika Anda mengidap infeksi pernapasan atau bernapas udara yang mengandung zat-zat penyebab iritasi paru-paru, seperti asap rokok atau polusi udara. 

Tim RP Anda akan mengajarkan Anda tentang pentingnya vaksinasi dan cara-cara lain untuk mencegah infeksi. 

Jika Anda merokok, Anda akan ditawarkan program untuk membantu Anda berhenti merokok. 

Bagian dari pendidikan RP adalah memastikan Anda tahu kapan dan bagaimana untuk mengkonsumsi obat-obatan. 

Tim PR Anda akan mengajarkan Anda bagaimana menggunakan inhaler dan nebulizer  jika Anda membutuhkannya untuk mengkonsumsi obat-obatan. Mereka juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk menggunakan oksigen jika Anda mendapatkan terapi oksigen. Selain itu, tim RP Anda akan membantu membuat rencana (planning) manajemen diri. Rencana ini akan menjelaskan apa yang harus Anda lakukan jika gejala bertambah buruk atau Anda memiliki tanda-tanda infeksi pernapasan.

  

  

Olahraga dan kesehatan