Tentang kesehatan

Pengobatan Finasteride untuk Binaraga

Pengobatan Finasteride untuk Binaragainasteride (disebut juga Proscar) adalah obat yang digunakan untuk mengobati kebotakan pada pria. Sayangnya pria yang menyukai olahraga binaraga lebih berisiko mengalami kerontokan rambut yang dalam istilah medis disebut

alopecia androgenetic yang juga dikenal sebagai androgenic alopecia atau kebotakan pada pria.

Kondisi ini sebenarnya adalah sebuah bentuk kerontokan rambut yang umum terjadi pada pria atau wanita. Rambut mengalami kerontokan dengan pola tertentu yang dimulai dari bagian rambut yang berada di atas pelipis. Kerontokan rambut pada wanita memiliki pola yang sedikit berbeda. Pada wanita, penipisan rambut akan terjadi di seluruh kepala dan jarang yang mengalami kerontokan pada garis rambut.

Pria dan wanita yang berlatih binaraga menginginkan sebuah penampilan yang sedap di pandang mata. Memiliki tubuh yang indah tetapi berkepala botak tentu bukanlah hal yang mereka inginkan.

Ada berbagai faktor genetik dan lingkungan yang berperan dalam kerontokan rambut. Para peneliti telah menemukan bahwa kerontokan rambut berkaitan dengan hormon, androgen, khususnya dihidrotestosteron (DHT). Kondisi rambut rontok memiliki kaitan dengan penyakit jantung koroner, diabetes, obesitas dan pembesaran prostat.

Penelitian juga menemukan bahwa pria yang menderita alopecia androgenetic memiliki kadar testosteron yang rendah dan kadar testosteron terikat atau bebas yang tinggi. Hal ini penting karena peneliti lainnya telah menemukan bahwa dengan melakukan latihan aerobik setiap hari seseorang dapat menurunkan kadar testosteron secara total danĀ  menurunkan DHT secara signifikan. Para penggemar binaraga yang terus berusaha keras membangun otot mereka seringkali menghabiskan waktu luang dan hari libur mereka dengan berlatih beban dan memperkuat otot jantung mereka dengan melakukan aktivitas kardiovaskular yang membutuhkan banyak tenaga.

Penggunaan Finasteride untuk binaraga telah menjadi pilihan yang populer untuk mengobati alopecia androgenetic selama hampir 10 tahun. Finasteride yang beredar di pasaran dengan nama Proscar, telah digunakan untuk mengobati pembesaran prostat selama lebih dari 10 tahun. Pada awalnya, Proscar (Finasteride) dianggap tidak akan efektif untuk mengobati rambut rontok karena obat ini digunakan untuk mengobati pembesaran prostat yang dapat menghalangi enzim yang ditemukan di dalam prostat tetapi bukan yang ada di dalam folikel rambut.

Tetapi ternyata Finasteride dapat menurunkan jumlah DHT dalam tubuh yang juga dapat menurunkan jumlah DHT yang ada di dalam folikel rambut, sehingga dapat mengurangi jumlah rambut yang rontok. Sayangnya hasil yang didapat dari penggunaan obat ini untuk menumbuhkan rambut tidak sama untuk tiap-tiap individu. Beberapa orang mendapatkan hasil yang bagus sedangkan yang lain hanya sekadar memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut.

Finasteride beredar dalam bentuk tablet 5 mg jika digunakan untuk mengatasi pembesaran prostat, tetapi sekarang juga dipasarkan dalam bentuk pil Propecia 1 mg untuk mengatasi rambut rontok. Tidak ada perbedaan antara Finasteride dan Propecia kecuali dalam hal jumlah miligram di setiap pil.

Finasteride untuk binaraga adalah sebuah pilihan bagi mereka yang menggemari olagraga angkat berat dan binaraga tetapi tidak menyukai kerontokan rambut yang sering menyertai olahraga tersebut. Para penggemar binaraga dapat memilih untuk menggunakan obat ini sebagai tindakan pencegahan sebelum mengalami kerontokan rambut dan juga untuk menghentikan kerontokan rambut jika sudah mengalaminya. Mereka yang mengalami kerontokan rambut karena melakukan binaraga harus memahami bahwa meskipun Finasteride dapat memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut, peluang mereka untuk menumbuhkan rambut yang sudah rontok tetap kecil.