Tentang kesehatan

Penyebab Batu Ginjal

posisi ginjal

Batu ginjal bukan penyakit umum seperti misalkan batuk dan pilek, tetapi penyakit ini adalah salah satu alasan utama mengapa orang datang terburu-buru ke bagian gawat darurat rumah sakit. Cairan urin biasanya berwarna putih atau kuning, jadi ketika Anda melihat urin Anda menjadi berwarna yang berbeda, misalnya pink, maka Anda menjadi khawatir dan bergegas ke rumah sakit. Bila Anda merasakan rasa nyeri yang berbeda di suatu tempat di bawah perut Anda, Anda mulai berdebar-debar karena Anda tahu ini bukanlah kasus sederhana dari saluran pencernaan.

Ketika itu seperti ini terjadi, Anda juga langsung bergegas ke klinik atau rumah sakit. Setelah tanya jawab awal dan tes-tes tertentu, Anda kemudian dihadapkan dengan hasill bahwa  Anda memiliki masalah batu ginjal. Jadi bagaimana ceritanya Anda bisa memiliki batu ginjal?

Tidak banyak orang yang menyadari tentang batu ginjal. Tentu ada sekelompok tim medis yang mempromosikan pendidikan lebih lanjut tentang ginjal, tapi kebanyakan orang hanya mendengar tentang transplantasi ginjal. Tindakan ini adalah hal yang sudah cukup bermanfaat, namun batu ginjal adalah hal yang sangat sederhana dan saat yang baik untuk mendiskusikan tentang ginjal dan pentingnya fungsi ginjal yang sehat. Pembentukan batu ginjal bermula dari kristal yang tidak diekskresikan ketika buang air kecil, tapi pertanyaan sebenarnya adalah mengapa hal ini terjadi. Dokter tidak dapat menunjuk satu penyebab tertentu yang menyebabkan batu ginjal tapi apa yang dapat dilakukan adalah membahas beberapa faktor yang dapat dikaitkan dengan kondisi ini. Maka mungkin, faktor-faktor tersebut dapat diisolasi untuk setiap kasus pasien.

Bagi seseorang, batu ginjal ini bisa merupakan turunan, jadi jika orang tua dan kakek-nenek Anda memilikinya maka kemungkinan besar Anda akan memiliki batu ginjal juga. Telah diamati bahwa seseorang dengan riwayat keluarga batu ginjal cenderung untuk membentuk batu ginjal juga. Ini mungkin adalah alasan mengapa infeksi saluran kemih, gangguan yang berhubungan dengan ginjal seperti penyakit ginjal kistik dan beberapa gangguan metabolisme seperti hiperparatiroidisme yang semuanya ditemukan berkaitan dengan pembentukan batu ginjal diyakini dapat diwariskan juga.

Makanan tertentu dalam kelompok makanan utama juga dianggap sebagai potensial untuk menyebabkan pembentukan batu ginjal. Namun paramedis percaya bahwa makan makanan ini adalah penyebab utama pembentukan batu ginjal. Orang yang cenderung untuk membentuk kadar kalsium tinggi yang mengarah pada pembentukan satu jenis batu yang disebut kalsium oksalat diminta untuk membatasi atau menghindari makanan tertentu.

Makanan yang termasuk didalamnya adalah bayam, kerupuk kedelai, kacang tanah, okra, coklat, ubi jalar, anggur, seledri, kue buah, stroberi, selai dan hati. Ini adalah sekelompok makanan yang merupakan makanan lezat nikmat sehingga benar-benar menyedihkan bagi mereka yang harus mengurangi makanan ini, untuk membantunya menjaga ginjal agar tetap sehat sehingga tetap dapat menikmati makanan mereka.

Sama seperti penyebab batu ginjal, gejalanya juga tidak cukup jelas dan bahkan sebagian dari tanda-tandanya terjadi tanpa disadari. Karena hal ini, batu ginjal telah mendapatkan sebutan sebagai batu tersembunyi. Batu-batu tersembunyi ini akhirnya harus ditemukan. Memindai sistem urin melalui tes khusus yang disebut computerized tomography, lebih dikenal sebagai CT scan, atau pyelogram intravena akan membantu dokter mendeteksi batu ginjal.

Hasil dari tes ini juga penting untuk mengetahui tindakan yang tepat untuk mengobati kondisi yang ada.