Pelukan Robot: Bagaimana Sebuah Pelukan Dapat Membantu Anak Autis Anda

jabat tangan robotAnak-anak dan orang dewasa penderita Autis seringkali mencari tekanan dalam berbagai cara untuk menenangkan diri dan mengatasi beban sensorik yang berlebihan. Seringkali, pelukan dan remasan dari orang lain dapat lebih menyulitkan karena anak-anak atau orang dewasa penderita autis sering tidak dapat mengomunikasikan kebutuhan mereka dengan menunjukkan jumlah tertentu suatu tekanan atau

lamanya tekanan. Pelukan dan remasan dari orang lain tidak akan efektif dan menyebabkan  frustasi baik pada penderita autis maupun orang yang memberinya pelukan dan remasan.

Mesin pemeluk diciptakan untuk membantu menyadarkan rasa frustrasi ini, mengendalikan situasi penderita autis . Baik anak-anak dan orang dewasa yang menderita autisme terkadang mendambakan tekanan untuk membantu menenangkan kecemasan mereka. Karena itulah, seorang wanita yang menderita autisme mengembangkan mesin pemeluk, yang juga dikenal sebagai kotak pelukan atau mesin peremas. Mesin pelukan ini memiliki dua sisi  papan empuk yang bagian bawahnya dihubungkan untuk membentuk V.  Sebuah tuas membantu mendorong sisi papan secara bersamaan untuk menciptakan tekanan; tuas tersebut  juga memungkinkan anak atau orang dewasa penderita autis untuk bisa mengontrol jumlah dan lamanya tekanan.

Penelitian masih terus dilakukan untuk mencari tahu mengapa penderita autisme bereaksi terhadap tekanan dan bagaimana tekanan tersebut dapat menghasilkan efek yang menenangkan. Mesin pemeluk dapat mempengaruhi persepsi sensorik tinggi dari para penderita autis yang sering mengalami perilaku yang mengganggu atau menyulitkan. Dengan melakukan tekanan, mungkin anak atau orang dewasa penderita autis mengubah perhatiannya ke satu perasaan-tekanan-yang pada gilirannya menghasilkan efek yang menenangkan. Bagi sebagian besar anak dan orang dewasa penderita autis, rasa cemas benar-benar dapat menjadikan mereka tidak berdaya. Tidak sanggup untuk melakukan sesuatu karena rasa cemas sangat membuat frustasi dan begitu pula, untuk berperilaku sosial yang tepat bahkan lebih sulit. Kadang-kadang, satu-satunya pelepasan dari kecemasan tersebut adalah melalui tekanan. Sampai hari ini, mesin pemeluk  telah digunakan dalam beberapa program dan oleh para peneliti  yang mempelajari autisme serta program terapi.

Ingat bahwa memeluk atau meremas anak autis tidak dapat membantunya. Anda justru, pada kenyataannya, meningkatkan kesadaran mereka dan menyebabkan lebih banyak kecemasan. Meskipun Anda mungkin tidak dapat membeli mesin memeluk, Anda mungkin dapat membuat obyek yang sama. Cobalah untuk membalut anak atau orang dewasa penderita autis dalam selimut, di mana mereka dapat mengontrol berapa banyak tekanan yang diperlukan. Anda juga dapat mencoba membeli papan empuk yang hampir menyerupai papan mesin pemeluk dan mungkin menalikan ataupun mengikat masing-masing sisi yang memungkinkan anak atau orang dewasa penderita autis mempunyai kendali dalam menerapkan berapa besar tekanan yang diinginkan dan untuk berapa lama. Hubungi sekolah anak Anda untuk melihat apakah ada minat untuk membeli mesin pemeluk milik bersama. Hal ini mungkin tidak mengatasi semua masalah anak Anda, tetapi berhasil dalam membantu banyak penderita autis menghadapi dunia.