Anak-anak Penderita Autis Perlu Jadwal

autisJadwal merupakan hal penting didalam kehidupan anak-anak. Jadwal sangat diperlukan saat menghadapi anak yang memerlukan perlakuan khusus seperti autisme. Mempunyai jadwal membuat anak penderita autis memiliki perasaan

terstruktur/teratur. Anak penderita Autis sering menghadapi kegelisahan.

Mempunyai jadwal membuat tingkat kegelisahan menurun. Mereka tahu apa yang akan mereka lakukan sehari-hari. Mereka tahu apa yang akan mereka lakukan pada waktu-waktu tertentu dalam suatu hari.

Jika tidak ada jadwal atau struktur di dalam kegiatan sehari-hari seorang anak penderita autis maka kegiatan sehari-harinya pasti akan kacau. Seorang anak penderita autis perlu bertemu dengan banyak dokter dan ahli terapi. Bahkan sehari bisa lebih dari satu pertemuan. Berada dalam jadwal bisa membantu Anda dan dan anak Anda untuk tidak melewatkan satu pertemuan pun.

Beberapa anak yang menderita autis mempunyai masalah dalam membaca. Anda bisa menggunakan jadwal visual. Membuat gambar untuk jadwal sehari-harinya. Ini akan membuat mereka tahu apa yang terjadi selanjutnya. Mempunyai jadwal untuk anak Anda akan menghindari perasaan frustasi. Pasang jadwal di tempat yang bisa dilihat anak Anda. Jika Anda harus merubah jadwal jelaskan perubahannya ke anak Anda. Penderita autisme menyukai rutinitas, dan perubahan bisa membuyarkan seluruh hari mereka.

Jadwal bisa membantu disaat Anda berusaha menyuruh anak untuk melakukan sesuatu sedang mereka tidak ingin melakukannya. Hanya dengan menunjukkan kepada mereka bahwa setelah mereka melakukan satu kegiatan mereka akan bisa melakukan kegiatan lain. Katakan pada mereka bahwa mereka tidak bisa melakukan kegiatan berikutnya jika kegiatan yang sekarang belum selesai dikerjakan.

Pasti akan selalu ada hal yang merusak jadwal. Selalu berusaha untuk mematuhi jadwal. Ketika sesuatu hal mencoba mengacaukan jadwal muncul cobalah kembali ke jadwal semampu Anda, termasuk akhir pekan. Jika anak Anda biasa bangun jam 7 pagi maka biarkan itu terjadi. Jagalah agar mereka selalu berangkat tidur pada saat yang sama setiap malam. Penderita autis akan lebih gembira ketika mereka mempunyai waktu tidur yang cukup.

Jadwal akan membuat hidup anda dan anak Anda lebih mudah. Selalu pasang jadwal dimana mereka bisa melihat, dan berusaha selalu mematuhi jadwal. Sebuah contoh jadwal bisa Anda lihat dibawah ini.

  • 07.00 : Bangun, berpakaian dan siap untuk beraktivitas.
  • 08.00 : Sarapan.
  • 09.00 : Terapi dirumah.
  • 11.00 : waktu bebas/ waktu bermain.
  • 12.00 : Makan siang.
  • 13.00 : Bermain diluar.
  • 14.00 : Menggambar dan berkarya.
  • 15.00 : Waktu bebas.
  • 17.00 : Makan Malam.
  • 18.00 : Menonton TV.
  • 19.00 : Mandi.
  • 20.00 : Tidur.

Ini akan membuat anak-anak selalu tahu apa yang harus mereka lakukan dalam sehari. Termasuk janji bertemu dokter atau terapis. Anak yang lebih tua pun bisa merasakan manfaat dari jadwal.

Di dalam jadwal dapat ditambahkan waktu sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler. Anda dapat memasukkan mengerjakan PR, pekerjaan rumah kedalam Jadwal grafik. Ketika memulai menggunakan grafik untuk anak Anda yang menderita autis, Anda akan melihat perkembangan didalam aliran dalam hidup Anda. Ini juga akan mencegah timbulnya rasa bosan. Selalu ada sesuatu yang harus dikerjakan.