Tentang kesehatan

Jenis-Jenis Asma

Masker asmaAnda tidak bisa mengatakan bagaimana asal mulanya Anda terkena asma. Namun jika ada riwayat asma didalam keluarga Anda, Anda harus ekstra hati-hati karena ada kemungkinan Anda terkena asma.

Ada dua jenis Asma - Extrinsic dan intrinsic.

Asma Ekstrinsik (Extrinsic Asthma)

Sejauh ini, Sebagian besar penderita asma di dunia menderita jenis Asma Ekstrinsik. Anak-anak sangat rentan terkena beberapa jenis alergi sehingga akan lebih mudah terserang Asma Ekstrinsik. Anak-anak yang mempunyai riwayat alergi, eksim, alergi rhinitis (hay fever) sangat rentan terhadap Asma Ekstrinsik. Namun saat mereka beranjak dewasa, serangan alergi dan asma akan menghilang. Ada saat dimana alergi tersebut timbul kembali karena beberapa faktor pemicu, namun ini jarang terjadi saat anak-anak sudah mencapai usia dewasa.

Asma Intrinsik (Intrinsic Asthma)

Asma Intrinsik berbeda dengan Asma Ekstrinsik karena biasanya diderita oleh wanita pada umur 30-an. Asma jenis ini berlangsung lama dan menahun dan tidak ada hubungannya dengan alergi pada masa kanak-kanak.

Anda perlu berkonsultasi ke seorang dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita Asma Intrinsik. Dokter akan melihat dan memeriksa riwayat kesehatan pasien, khususnya infeksi saluran pernafasan.

Dokter juga akan mengklasifikasikan atau mengkategorikan intensitas penyakit tersebut.Sebagian penderita asma mungkin mendapatkan serangan yang tidak begitu hebat sedangkan sebagian lain mendapatkan serangan yang sangat hebat. Hampir 30% penderita asma mendapatkan serangan ringan. Pada masyarakat barat serangan asma menjadi lazim dikarenakan kualitas udara yang memburuk.

Banyak ilmuwan mengatakan bahwa asma berhubungan dengan dengan garis keturunan/genetik. Sebagai contoh, jika orang tua atau saudara anda menderita asma, maka anda berpeluang terkena asma. Jadi jika keluarga anda mempunyai riwayat asma, anda harus berusaha mencegah agar Anda tidak terkena. Ada banyak tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk mencegah serangan asma. Carilah sebanyak mungkin informasi tentang asma sehingga Anda menjadi tahu. Jika Anda tahu banyak tentang asma, maka Anda bisa mencegah timbulnya asma dengan efektif.

Untuk penderita asma, dokter dapat memberi pembebas serangan asma namun ini hanya penghilang untuk jangka waktu yang pendek. Ini untuk mencegah agar serangan tidak memburuk. Beberapa dokter memberi resep obat untuk asma khususnya jika serangan asma terjadi karena alergi. Dengan meminum obat yang diresepkan tersebut sistem kekebalan dan tubuh tidak akan bereaksi terhadap allergen (penyebab alergi).

Sekarang Anda mengetahui tentang dua jenis asma, jenis mana yang Anda derita? Selalu ingat bahwa hanya dokter yang bisa melakukan diagnosa secara tepat kondisi Anda. Walaupun Anda mempunyai banyak informasi tentang asma, namun Anda harus selalu berpegang pada apa yang dokter temukan. Beberapa tes akan dilakukan untuk mendiagnosa kondisi Anda dengan tepat. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti asma, segeralah mengunjungi dokter. Itu adalah cara yang tepat menghadapi asma dan dokter pasti juga akan memberi Anda pilihan perawatan yang bisa Anda lakukan.

Bicaralah dengan dokter tentang gejala asma yang Anda alami. Jangan menunggu sampai Anda mendapatkan serangan asma yang parah. Anda harus melakukan hal tersebut, apalagi jika Anda mempunyai risiko terkena asma.

Jadi mengapa harus menunggu sampai Anda tidak dapat mengatasinya? Asma menyebabkan banyak kematian tiap tahunnya. Anda bisa mencegah penyakit ini dan mengontrol penyakit ini. Jangan ragu-ragu menghubungi dokter Anda jika Anda mendapatkan gejala asma. Penyakit bisa selalu dicegah bila diidentifikasi dan dirawat secara dini.

Olahraga dan kesehatan