Tentang kesehatan

10 Langkah Untuk Penanganan Asma Sendiri / Asma Mandiri

10 Langkah Untuk Penanganan Asma Sendiri / Asma MandiriMenangani asma bukanlah  sesuatu hal yang bisa dilakukan sepenuhnya oleh dokter Anda secara sendirian. Penanganan asma mandiri merupakan bagian penting dari perawatan dan penanganan asma Anda, sehingga asma tidak  akan menyita seluruh waktu dan perhatian  Anda. Dokter mungkin memberikan resep obat yang  harus dikonsumsi secara harian dan obat yang dikonsumsi dalam kasus asma akut, tetapi tugas untuk meminimalkan risiko serangan asma dan perawatan diri  Anda setiap hari sebagian besar tergantung Anda dan keluarga Anda. Mempelajari beberapa trik asma mandiri dapat membantu Anda dalam usaha menjaga agar asma Anda tetap terkontrol sehingga tidak mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

 

Gangguan asma dapat disebabkan, dipicu atau diperburuk oleh begitu banyak hal,

dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan dari gejala-gejalanya. Dokter Anda akan memberikan saran penting selain obat untuk membantu Anda dalam menanganinya Pikirkan saran tersebut sebagai rencana asma mandiri untuk diri Anda pribadi. Bagian utama dari asma mandiri menyertakan upaya penghindaran pemicu asma. Beberapa cara yang dapat membantu Anda jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda menderita asma, meliputi:

 


1. Langkah pertama dan paling penting dalam asma mandiri adalah mengikuti perintah dokter Anda. Jangan berhenti minum obat harian hanya karena Anda merasa lebih baik. Jika Dokter telah meresepkan untuk harian, pastikan mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan mengevaluasi setiap hari untuk memantau kondisi Anda.
2. Jika anda merokok, berhentilah. Apakah penderita asma adalah anda atau pun anak dalam keluarga anda, asap rokok merupakan salah satu pemicu asma yang paling umum dikenal.
3. Jagalah rumah selalu bebas dari debu, atau seminimal mungkin  dari debu. Debu merupakan pemicu asma yang umum. Gunakan penyedot debu yang silinder daripada yang tegak lurus ,  dan pilihlah penyedot debu yang menyertakan kantong yang solid di dalam tabung untuk meminimalkan berhamburnya debu kembali ke udara.
4. Jika Anda bisa, singkirkan karpet dan tirai yang berat karena mereka adalah penampung debu yang dengan mudah mengembangbiakkan kutu debu. Jika Anda tidak dapat menyingkirkan karpet dan tirai yang berat tersebut, bersihkan mereka sesering mungkin menggunakan penyedot debu silinder .
5. Hindari penggunaan bantal dan selimut bulu dan gunakan penutup plastik di kasur Anda. Kasur dan bantal dapat mengundang datangnya kutu debu. Hal yang sama berlaku untuk boneka binatang dan dekorasi "lembut" lainnya.
6. Tutup mulut dan hidung Anda dengan syal dalam cuaca dingin. Udara dingin merupakan pemicu asma yang umum.
7. Jika asma Anda dipicu oleh alergi, pantau kualitas udara luar sehari-hari. Hindari ruang terbuka dan daerah yg berhubungan dengan hutan selama  musim serbuk sari, dan berhati-hatilah ketika kualitas udara berada pada  tingkat yang berbahaya.
8. Jamur merupakan penyebab alergi umum yang memicu asma. Menjaga jamur tidak muncul adalah bagian penting lain dari perawatan asma mandiri. Keringkan cucian basah dengan segera, bersihkan dan sterilkan kamar mandi secara teratur. Singkirkan tanaman hias, dikarenakan jamur tumbuh di tanah tempat tanaman hias tersebut berada.
9. Bulu hewan peliharaan juga dapat memicu gejala asma. Jika Anda tidak dapat berpisah dengan hewan peliharaan karena hubungan emosional, setidaknya jauhkan dari kamar tidur untuk meminimalkan kontak Anda  dengan bulu hewan peliharaan.
10.Menyadari akan setiap makanan atau alergi yang mungkin timbul dari makanan yang kita makan,  dan menghindari makanan, obat-obatan dan minuman yang menyebabkan reaksi alergi.

 

 

 

Olahraga dan kesehatan