Tentang kesehatan

10 Langkah Pertolongan Sendiri Terhadap Asma

Asmaengendalikan asma bukanlah hal yang bisa dilakukan sendiri oleh dokter bagi semua pasien asma. Pertolongan sendiri terhadap asma merupakan bagian penting merawat dan mengatur kondisi Anda sehingga asma tidak menyusahkan seluruh hidup Anda.

Dokter Anda dapat memberi resep, baik obat-obatan untuk sehari-hari dan

obat-obatan yang harus diminum jika terjadi kasus episode asma akut, namun tugas meminimalkan resiko serangan asma dan merawat diri anda sendiri adalah tanggung jawab anda dan keluarga anda. Mempelajari beberapa trik kunci pertolongan asma pada diri sendiri dapat membantu mengontrol asma Anda sehingga tidak mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

Karena asma disebabkan, dipicu atau diperparah oleh berbagai hal, maka ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi frekuensi dan keparahan dari gejalanya. Dokter Anda akan memberikan saran penting sebagai tambahan dari obat-obatan untuk menolong Anda mengatur asma Anda. Berpikirlah bahwa nasehat itu sebagai rencana untuk pertolongan asma untuk diri Anda sendiri. Bagian penting dari pertolongan diri sendiri terhadap asma adalah menghindari pemicu dari asma. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda atau seseorang di keluarga Anda memiliki asma adalah:

Langkah pertama dan paling penting dalam merawat asma sendiri adalah menuruti perintah dokter.

Jangan berhenti meminum obat untuk sehari-hari hanya karena Anda merasa sudah lebih baik. Jika dokter meresepkan obat harus secara teratur, pastikan untuk mengikuti instruksinya dengan baik dan ikuti perkembangan Anda sehari-hari.

Jika Anda merokok, berhentilah.

Tidak peduli apakah penderita asma di rumah adalah Anda atau anak Anda, asap rokok adalah salah satu pemicu asma.

Selalu jaga rumah agar terbebas dari debu atau sebisa mungkin bebas debu.

Debu juga salah satu pemicu asma. Gunakan penghisap debu, lebih disarankan penghisap debu yang mempunyai kantong di dalamnya untuk meminimalkan debu berhambur lagi ke udara.

Jika memungkinkan, singkirkan karpet dan tirai yang tebal.

Kedua benda itu merupakan perangkap debu dan akan sangat disukai tungau debu. Jika Anda tidak bisa menyingkirkannya, bersihkan dengan penghisap debu secara teratur.

Hindari menggunakan bantal dan selimut yang terbuat dari bulu, dan gunakan penutup plastik untuk kasur Anda.

Kasur dan bantal bisa menjadi sarang tungau debu. Begitu juga dengan boneka dan lainnya.

Gunakan syal untuk menutupi mulut dan hidung Anda saat udara dingin.

Udara dingin merupakan salah satu pemicu asma yang umum.

Jika asma Anda dipicu oleh alergen (zat pemicu asma), selalu monitor kualitas udara di luar.

Hindari daerah terbuka dan daerah yang berpohon-pohon selama musim serbuk sari, dan berhati-hati saat kualitas udara terkesan membahayakan.

Jamur juga merupakan pemicu asma.

Selalu membersihkan jamur adalah salah satu bagian penting dalam pencegahan diri mendapatkan asma. Segera keringkan cucian, dan cuci dan disinfeksi kamar mandi Anda secara rutin. Singkirkan tanaman hias karena jamur tumbuh di tanah mereka.

Bulu hewan peliharaan juga memicu asma.

Jika Anda tidak bisa berpisah dengan hewan peliharaan kesayangan Anda, setidaknya jangan masukkan ke kamar tidur Anda untuk meminimalkan terkena bulu dari binatang kesayangan Anda.

Berhati-hati terhadap makanan atau penyebab alergi yang ditelan.

Hindari makanan, obat-obatan dan minuman yang menyebabkan alergi.

Olahraga dan kesehatan