Dua Operasi Asam Lambung Yang Umum Dengan Pemulihan Yang Cepat

posisi perutApakah Anda tahu bahwa kebiasaan makan yang tidak sehat dapat menyebabkan naiknya asam lambung? Berdasarkan penelitian, setiap orang, bahkan bayi dan balita pun dapat mengalami asam lambung naik. Kelainan ini umum terjadi pada bayi dan balita, namun akan segera hilang. Asam lambung naik juga dikenal sebagai gastro-esophageal reflux, penyakit ini juga menyerang orang dewasa. Kelainan ini dapat terjadi setiap waktu terutama pada seseorang yang baru makan besar dengan makanan yang banyak mengandung asam atau seseorang yang memang menderita penyakit ini dan kambuh karena pola makan yang tidak sehat.


Diet yang tidak sehat dan makan tidak teratur dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Saat seseorang mengonsumsi makanan berat yang banyak mengandung asam, ketidak-normalan di perut akan terjadi, dan mengembalikan makanan ke kerongkongan dan tenggorokan. Naiknya asam lambung tidak terlalu banyak bisa dijelaskan karena kondisi ini bisa timbul setiap waktu namun biasanya terjadi setelah mengonsumsi makanan yang berat atau kebiasaan makan tidak sehat.

Banyak penderita asam lambung naik bisa mengontrol kondisinya dengan pengobatan dan juga diet. Beberapa orang yang menderita asam lambung naik yang parah harus mempertimbangkan cara operasi, karena operasi mengatasi asam lambung naik adalah jalan terbaik yang bisa dilakukan untuk kebanyakan orang. Ada beberapa cara operasi yang bisa dipilih oleh penderita asam lambung naik. Cara yang paling efektif dan aman adalah operasi Laparoscopic anti-reflux, atau dikenal juga sebagai Laparoscopic Nissen Fundoplication dan operasi Intraluminal Endoscopic.

Laparoscopic Nissen Fundoplication, atau secara singkatnya fundoplication, adalah bentuk umum dari operasi asam lambung. Operasi ini dilakukan untuk menyempitkan dinding kerongkongan di atas perut dan menambahkan tekanan ke otot bawah kerongkongan. Saat tekanan meningkat di antara perut dan kerongkongan, pengobatan ini mencegah isi perut untuk naik ke kerongkongan dan tenggorokan. Metode lain yang patut dipertimbangkan adalah mengecilkan katup kerongkongan untuk mengunci kerongkongan untuk mencegah masuknya asam lambung.

Operasi Intraluminal endoscopic acid reflux adalah metode operasi lain yang disukai banyak pasien. Prosedur operasi ini sama dengan fundoplication, namun ini memerlukan sebuah alat optik kecil, instrumen berbentuk pipa yang dimasukkan ke tubuh untuk melihat bagian dalam tubuh yang memerlukan pembedahan atau biopsi sehingga memudahkan biopsi atau operasi dilakukan. Hal ini mungkin dilakukan melalui yang disebut endoskopi. Operasi Intraluminal endoscopic acid reflux sangatlah cepat dan dengan risiko yang minimal terhadap pasien. Dengan demikian operasi ini tidak memerlukan perawatan setelah operasi dan pemulihan terhadap pasien sangat cepat.

Berkat kemajuan medis dan perawatan yang modern, sekarang asam lambung naik dapat diobati. Penderita yang ingin menghilangkan asam lambung naik, dapat melakukannya dengan pilihan-pilihan melalui pengobatan, diet yang tepat dan operasi. Operasi adalah yang paling direkomendasikan untuk penderita dengan asam lambung kronis, namun bisa juga dilakukan untuk penderita yang penyakitnya tidak parah. Pilihan operasi telah menjadi cara yang umum dilakukan untuk menyingkirkan gangguan asam lambung secara total dan permanen. Dan yang penting untuk diingat, penderita yang memilih cara operasi, pemulihan pasca operasi sangatlah cepat dan selanjutnya tidak akan mendapatkan gangguan asam lambung naik.