Tujuh Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Minyak Kelapa

Banyak orang yang salah paham dengan berpandangan bahwa minyak kelapa tidak baik untuk kita. Orang di seluruh dunia memperoleh manfaat yang sehat dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini sebenarnya adalah salah satu minyak paling sehat yang dapat Anda konsumsi. Berikut ini adalah tujuh alasan mengapa Anda harus menggunakan minyak kelapa sebagai alternatif lain minyak goreng umum.

 

1. Minyak kelapa tidak berubah menjadi lemak dalam tubuh Anda.


Tidak seperti minyak lainnya, seperti kedelai (minyak sayur) dan jagung, minyak kelapa tidak akan membuat Anda gemuk. Minyak kelapa mengandung medium-chain triglycerides (MCT), yang merupakan bahan bakar yang mudah dibakar oleh tubuh, tanpa berubah menjadi lemak. Sebagian besar minyak goreng dan lemak lainnya mengandung long-chain triglycerides (LCT). LCT    Biasanya disimpan sebagai lemak. Karena minyak kelapa adalah MCT, minyak ini lebih mudah diserap dan diubah menjadi energi dengan cepat.

Orang-orang di daerah tropis telah mengandalkan kelapa sebagai bahan pokok tradisional dalam makanan mereka selama berabad-abad. Mereka mengkonsumsi minyak kelapa dalam jumlah besar setiap hari. Bukannya menjadi gemuk, hal itu malah membantu mereka tetap sehat, ramping dan langsing. Ketika mereka beralih dari minyak kelapa ke minyak modern, mereka akhirnya menghadapi masalah obesitas dan berbagai masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat modern.

Orang-orang yang sudah lama tahu kebenaran tentang hal ini adalah mereka yang terjun dalam bisnis pakan ternak. Bila ternak diberi makan minyak sayur, berat badan ternak akan cepat bertambah dan menghasilkan daging yang penuh dengan lemak. Ketika ternak diberi minyak kelapa, mereka menjadi sangat kurus.

2. Minyak kelapa meningkatkan metabolisme.


Minyak kelapa lebih cepat diubah menjadi energi dalam tubuh, dan meningkatkan metabolisme, yang berarti bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Karena meningkatkan metabolisme, minyak kelapa akan membantu tubuh Anda membakar lemak secara lebih efektif.

Minyak kelapa dapat membakar kalori tiga kali lebih banyak. Karena minyak kelapa adalah MCT, minyak ini akan diubah menjadi energi dengan sangat cepat sehingga menciptakan banyak panas. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, MCT membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada LCT selama enam jam setelah makan.

Majalah Woman's World menyatakan bahwa minyak kelapa adalah "rahasia metabolisme-tinggi dari bawah tanah." Ini adalah berita bagus untuk orang yang memiliki masalah tiroid, karena minyak kelapa meningkatkan tiroid yang lamban dengan merangsang produksi hormon tiroid tambahan. Sebagian besar minyak lainnya, seperti minyak sayur (kedelai) dan jagung telah terbukti dapat menghambat fungsi tiroid.

3. Minyak kelapa mengandung asam lemak Omega 3.


Sebagian besar minyak goreng mengandung asam lemak omega 6. Rasio penggunaaan omega 6 dengan omega 3 seharusnya adalah 1:1 tetapi kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari rasionya adalah 50:1. Kita harus mengurangi konsumsi minyak omega 6 secara drastis dan mengkonsumsi lebih banyak minyak omega 3 supaya sehat. Dan minyak kelapa banyak mengandung asam lemak omega 3 yang sehat.

4. Minyak kelapa memberi Anda energi.


Karena adanya kandungan asam lemak omega 3 dan fakta bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme, kebanyakan orang yang beralih ke minyak kelapa merasakan semburan energi tambahan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Hal ini karena minyak kelapa merupakan sumber MCT alami terkaya, yang meningkatkan metabolisme dan menyebabkan berat badan turun. MCT mengembangkan thermogenesis, yang meningkatkan metabolisme tubuh, dan memproduksi energi. Banyak orang yang menderita sindrom kelelahan kronis dan fibromyalgia menemukan bahwa menambahkan kelapa dan minyak kelapa dalam diet mereka bisa sangat membantu.

5. Minyak kelapa bisa digunakan untuk merawat kulit dan rambut.


Minyak kelapa dapat Anda oleskan secara langsung pada kulit dan rambut. Hal ini bisa memberi bantuan sementara untuk masalah kulit seperti ruam dan membantu untuk menyembuhkan dan memulihkan kulit agar kulit tampak lebih muda dan segar. Minyak kelapa juga bisa membantu orang-orang yang menderita infeksi jamur pada kulit, serta banyak masalah kulit lainnya.

Tidak hanya melembutkan dan menghaluskan kulit, minyak kelapa memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai minyak pijat yang sangat baik.

6. Minyak kelapa memiliki manfaat kesehatan yang tidak dimiliki minyak-minyak lain.


Minyak kelapa memiliki efek anti jamur, anti bakteri dan anti virus jika dikonsumsi dan dioleskan pada kulit.

Sebagian besar minyak akan teroksidasi dan berubah menjadi tengik dengan cepat yang menyebabkan rusaknya radikal bebas dalam tubuh kita. Minyak kelapa tidak mudah teroksidasi dan tidak menyebabkan kerusakan radikal bebas seperti minyak sayur tak jenuh ganda. Kerusakan radikal bebas dianggap bertanggung jawab atas terjadinya banyak penyakit di dalam tubuh kita mulai dari arthritis sampai kanker. Minyak kelapa juga membantu tubuh kita menyerap nutrisi lain seperti Vitamin E secara lebih efektif.

7. Minyak kelapa merupakan salah satu minyak terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memasak.


Minyak kelapa memiliki titik asap yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak zaitun, yang berarti lebih cepat mencapai suhu yang tinggi. Ada beberapa minyak omega 3 sehat yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, seperti minyak flax (rami) dan minyak zaitun, tetapi keduanya tidak bisa berfungsi dengan baik di bawah panas tinggi bila kita gunakan untuk memasak. Minyak kelapa dapat digunakan untuk memasak dalam suhu yang lebih tinggi.

Minyak kelapa tidak mudah tengik, tidak seperti minyak goreng lain yang biasanya berubah menjadi tengik bahkan sebelum Anda membawanya pulang. Minyak yang tengik menyebabkan kerusakan radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama kanker. Minyak kelapa tetap stabil selama lebih dari satu tahun pada suhu kamar.

Karena kesalahan informasi yang kita terima selama bertahun-tahun, kita telah kehilangan manfaat kesehatan yang telah diberikan minyak kelapa pada orang-orang di daerah tropis selama berabad-abad. Minyak kelapa sangat efektif, dan tidak lama lagi pasti akan ada suplemen minyak kelapa yang beredar di pasaran, tetapi Anda bisa langsung mulai mengkonsumsi dan memasak dengan minyak kelapa mulai hari ini juga!

Olahraga dan kesehatan