Apa Itu Aerobik?

Apa Itu Aerobik?[dropcap color=red cap=A]erobik, yang secara harfiah berarti "dengan oksigen," adalah olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan memulihkan kesehatan. Ada beberapa jenis latihan aerobik, dan jika Anda melakukan latihan-latihan ini setiap hari, tubuh Anda akan lebih sehat. Aerobik umumnya dilakukan dalam intensitas yang sedang-sedang saja dan dalam jangka waktu yang lama dan dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh.[/dropcap]

Aerobik memberikan banyak keuntungan, sehingga aerobik menjadi salah satu olahraga yang penting dan populer di kalangan orang-orang yang sadar tentang kesehatan.

Olahraga dapat dibagi menjadi dua kategori: aerobik dan bukan aerobik. Perbedaan dari keduanya adalah dalam hal kontraksi otot ketika berlatih dan bagaimana cara energi dikeluarkan di dalam otot. Contoh dari olahraga yang bukan aerobik adalah latihan beban atau latihan kekuatan. Tanpa melakukan latihan aerobik, seorang binaragawan terbaik pun tidak akan bisa berlari, berenang, dan sebagainya dalam jangka waktu yang lama.

Ketika berlatih aerobik, tubuh akan memecah glikogen yang digunakan untuk menghasilkan energi. Jika glikogen di dalam tubuh tidak mencukupi, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai gantinya, dan itulah yang bisa membuat Anda menurunkan berat badan. Oksigen memainkan peranan yang sangat penting dalam proses ini. Dalam latihan aerobik, Anda tidak menggunakan energi secara berlebihan. Sebaliknya, Anda akan menggunakan energi dalam tingkat yang sedang-sedang saja dalam jangka waktu yang lama untuk memicu penggunaan lemak untuk memproduksi energi. Secara umum, olahraga seperti lari jarak jauh, dansa aerobik, dan berenang dalam jangka waktu yang lama termasuk dalam latihan aerobik, sedangkan sesuatu yang dilakukan dengan gerakan yang bertenaga dalam waktu singkat, seperti lari jarak pendek (sprint), tidak termasuk dalam olahraga aerobik.

Manfaat latihan aerobik memang sangat besar, sehingga banyak dokter yang menyarankan olahraga ini kepada para pasien mereka, meskipun mereka sudah memiliki berat badan yang normal. Manfaat dari aerobik diantaranya adalah memperkuat otot, melapangkan jantung agar dapat memompa dengan lebih efisien, meningkatkan aliran darah (dan oksigen) dalam tubuh, dan meningkatkan daya tahan. Aerobik juga dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan jantung dan mengurangi risiko terkena osteoporosis pada pria maupun wanita.

Apakah Anda ingin belajar bagaimana aerobik mengubah hidup Anda? Ada sejumlah program latihan aerobik yang dapat Anda lakukan, yang meliputi kegiatan aerobik yang dilakukan sendirian saja atau yang dilakukan secara kelompok. Yang harus selalu Anda ingat, sebelum memulai program latihan yang baru, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mempelajari jenis latihan aerobik apa yang terbaik untuk Anda. Aerobik adalah kunci untuk memperoleh kehidupan yang sehat dan hidup yang produktif secara fisik. Jadi jangan ditunda lagi, mulailah segera berolahraga yang melibatkan aerobik di dalamnya.